Woman
·
8 Juni 2021 12:16
·
waktu baca 2 menit

Cara Menghilangkan Flek Hitam, Cukup Pakai 5 Bahan Alami Ini!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Cara Menghilangkan Flek Hitam, Cukup Pakai 5 Bahan Alami Ini! (19565)
Ilustrasi Cara Menghilangkan Flek Hitam, Cukup Pakai 5 Bahan Alami di Rumah. Foto: Pexels
Selain masalah jerawat dan kulit iritasi, salah satu masalah kulit lainnya yang juga memerlukan banyak perhatian adalah flek hitam. Kira-kira bagaimana ya cara menghilangkan flek hitam?
ADVERTISEMENT
Flek hitam biasanya muncul akibat sinar UV yang mempercepat proses pigmen warna pada kulit sehingga terjadi hiperpigmentasi.
Dr. Dendy Engelman, ahli bedah dermatologi, menyebutkan bahwa flek hitam yang disebabkan oleh bekas luka terbagi dalam dua kategori. Pertama, pigmented scars yang muncul akibat luka pascahiperpigmentasi dan terbentuk di lapisan epidermis kulit. Kedua, textural scars yang mengindikasikan perubahan pada tesktur kulit karena kerusakan yang dialami pada lapisan dermis kulit.
Mengingat bagian wajah kita yang sering kali terekspos pada paparan sinar matahari, maka tidak heran bahwa flek hitam rawan muncul pada wajah.
Namun, bukan berarti masalah flek hitam ini tidak memiliki solusi. Justru ada beragam pilihan solusi yang bisa kamu temukan di mana saja untuk menghilangkan flek hitam ini.
ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Flek Hitam, Cukup Pakai 5 Bahan Alami di Rumah

Dilansir dari Byrdie, berikut cara menghilangkan flek hitam yang bisa kamu lakukan di rumah:
1. Pepaya
Pepaya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam yang membandel. Menurut Engelman, kandungan asam buah pepaya yang disebut dengan asam alfa hidroksi (AHA) merupakan salah satu zat kimia untuk eksfoliasi kulit.
Selain itu, AHA juga dapat digunakan untuk perawatan kulit kering sekaligus menunda penuaan kulit dengan menghilangkan sel kulit mati dan memperbaharui kulit yang rusak. Secara khusus, kandungan yang terdapat pada buah pepaya juga bisa membantu mencerahkan kulit.
Cara menghilangkan flek hitam dengan pepaya:
  • Siapkan daging buah pepaya yang sudah matang
  • Tumbuk daging pepaya hingga menjadi bubur.
  • Oleskan pepaya pada wajah.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air.
ADVERTISEMENT
2. Kunyit
Sejak betahun-tahun lalu, kunyit telah menjadi salah satu bumbu masak andalan untuk masakan khas Indonesia. Namun, ternyata kunyit ini juga sudah digunakan sebagai obat-obatan di beberapa negara lain, seperti India, sebagian Amerika tengah, dan area subtropis lainnya. Kabarnya kunyit ini memiliki beberapa kandungan yang dapat mengurangi peradangan dan memperlancar sistem pencernaan.
Selain pengobatan, manfaat kunyit ini juga bisa berguna untuk perawatan wajah, lho. Dari menghilangkan jerawat, menutup bekas jerawat, hingga mengangkat sel kulit mati. Kunyit juga terbukti dapat berpengaruh pada produksi melanin yang dapat menimbulkan flek hitam.
Cara menghilangkan flek hitam dengan kunyit:
  • Tumbuk kunyit hingga menjadi bubuk halus.
  • Campurkan 2 sdt kunyit dengan madu dan air lemon.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah.
  • Biarkan dan tunggu selama beberapa menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat.
ADVERTISEMENT
3. Yogurt
Cara Menghilangkan Flek Hitam, Cukup Pakai 5 Bahan Alami Ini! (19566)
Ilustrasi Yogurt Foto: Pexels
Cara menghilangkan flek hitam berikut ini cukup menggunakan produk susu, yakni yogurt. Seperti pepaya, kandungan yogurt dapat digunakan dalam proses eksfoliasi kulit untuk menghilangkan flek hitam. Asam laktat yang biasanya ditemukan pada produk susu telah terbukti ampuh dalam mengeluarkan sel kulit mati.
Engelman menambahkan yogurt yang berasal dari susu sapi memiliki dampak efektif dalam perawatan kulit karena landungan asam laktat yang mampu mendorong perkembangan nada dan tekstur kulit serta mengurangi kemerahan.
Cara menghilangkan flek hitam dengan yogurt:
  • Campurkan yogurt dengan madu.
  • Tambahkan oatmeal (opsional) untuk melembapkan kulit kering.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah.
  • Tunggu selama beberapa menit.
  • Bilas wajah dengan air.
4. Tomat
Cara Menghilangkan Flek Hitam, Cukup Pakai 5 Bahan Alami Ini! (19567)
Ilustrasi Tomat Foto: Pexels
Tanpa perlu mengoleskan tomat pada wajah, konsumsi yang rutin dapat menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam dengan efektif. Sebuah studi dari British Journal of Dermatology menemukan bahwa responden yang mengonsumsi 55 miligram pasta tomat setiap hari memiliki kulit yang sehat dan terlindungi dari paparan sinar matahari.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui kandungan tomat yang terdiri dari likopen bermanfaat untuk melindungi kulit kamu dari matahari. Selain itu, tomat merupakan sumber vitamin C. Tidak hanya mendorong sistem imunitas tubuh, tetapi tomat juga mendorong produksi kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit.
5. Lidah Buaya
Flek hitam yang dialami sebagian orang tidak selalu disebabkan oleh paparan sinar matahari. Beberapa orang juga dapat mengalaminya akibat bekas luka.
Engelman menjelaskan bahwa bekas luka itu adalah fenomena yang tak terduga. Meskipun bekas luka itu akan membutuhkan waktu dan usaha yang lebih lama, hal terpenting adalah bekas luka itu harus segera ditangani. Kulit yang semakin lembut tentu akan meniminalisir risiko munculnya bekas luka. Oleh karena itu, kulitmu membutuhkan kelembapan yang bisa diperoleh dari minyak dan lotion untuk mencegah bekas luka muncul.
ADVERTISEMENT
Lidah buaya bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam selanjutnya. Dengan kandungan yang telah terbukti menjaga kulit dari luar hingga dalam, kamu bisa mengoleskan lidah buaya sesering mungkin pada kulit.
(AH)