Diet untuk Pemula, Ini 6 Tips yang Wajib Kamu Tahu

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
25 November 2022 15:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Memulai program diet adalah langkah yang sulit. Ada banyak pola kebiasaan yang harus diubah begitu diet, seperti pola makan, gaya hidup, pola tidur, dan sebagainya. Mengubah kebiasaan pastinya tidak mudah, makanya banyak yang maju-mundur untuk memulai diet.
ADVERTISEMENT
Namun, diet adalah hal yang bagus untuk menjaga kesehatan. Apalagi untuk kamu yang memiliki berat badan berlebih. Sebaiknya, kamu memulai langkah diet agar terhindar dari penyakit mematikan yang dipicu oleh obesitas, seperti hipertensi dan diabetes.

Diet untuk Pemula

Berikut beberapa tips diet untuk pemula dirangkum dari WebMD, agar dietmu sukses dan tentunya semakin sehat.

1. Ikuti Program Makan Sehat

Ikuti Program Makan Sehat, Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ikuti Program Makan Sehat, Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
Program makan sehat harus mencakup makanan yang kamu suka bersanding dengan makanan yang sehat dan tidak terlalu diproses, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, makanan laut, dan kacang-kacangan. Berkat kemampuannya untuk mengenyangkan, makanan rendah kalori ini sebenarnya akan membantumu konsisten diet.
Program ini bisa kamu mulai dengan perlahan-lahan berhenti mengonsumsi makanan favoritmu yang terlalu diproses dan tinggi lemak, kemudian menggantinya dengan pilihan makanan yang lebih bergizi. Sebaiknya setiap minggu, ada satu makanan sehat yang menggantikan makanan tinggi kalori.
ADVERTISEMENT

2. Tetapkan Target yang Realistis

Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan menetapkan target yang tinggi, misalnya, bobot tubuh turun 3 kg dalam satu minggu. Sebaiknya hindari hal itu dan mulailah menetapkan target yang realistis. Perlu kamu catat bahwa tingkat penurunan berat badan yang disarankan hanya 1-2 pound (sekitar 1 kg) per minggu.
Lakukan diet yang aman dan sabar. Meski hanya sedikit progres yang terjadi tiap minggunya, tapi progres tetaplah progres. Faktanya, kehilangan 5% hingga 10% dari berat badan dapat meningkatkan mood, meringankan langkah, dan, yang paling penting, meningkatkan kesehatan. Jadi, sekecil apa pun jumlah berat badan yang berkurang, kesehatan tetap meningkatkan secara keseluruhan.

3. Self Reward

Self Reward, Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Self Reward, Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
Untuk menjaga motivasi tetap stabil, beri dirimu sendiri hadiah setelah mencapai target. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, cepat atau lambat, kamu pasti akan melihat progres.
ADVERTISEMENT
Kamu juga perlu mengantisipasi bahwa rasa jenuh mungkin akan terjadi. Ketika hal itu menimpamu, usahakan cari solusi tanpa meninggalkan diet. Kamu bisa mencoba untuk melakukan dietmu dengan usaha sebesar 80% dibandingkan hari biasanya, beri sedikit kelonggaran pada dirimu sebanyak 20%.

4. Cari Teman Diet

Dukungan adalah bagian penting dari program diet yang sukses. Carilah teman atau keluarga yang ingin bergabung dengan program diet. Memiliki teman akan membuatmu lebih semangat, merasa didukung, dan menjadi sumber inspirasimu, terutama saat keadaanmu sedang sulit.

5. Dokumentasikan Makananmu

Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Diet untuk Pemula. Foto: Unsplash
Jika kamu pengin menurunkan berat badan, maka kamu harus menyadari betapa pentingnya mendokumentasikan apa dan berapa banyak makanan yang kamu konsumsi. Tindakan sederhana ini adalah alat yang ampuh untuk membantumu tetap memegang kendali dalam program makan sehat. Kamu jadi tahu makanan apa saja yang baik untukmu dan sebaiknya sering kamu konsumsi.
ADVERTISEMENT

6. Olahraga

Konsumsi makanan sehat dan rendah kalori hanyalah setengah dari formula untuk diet. Melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah setengah formula lainnya.
Olahraga sangat ampuh untuk membantumu membakar kalori dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh. Olahraga juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Itulah enam tips diet untuk pemula. Kamu bisa mulai terapkan semuanya. Semoga program dietmu berhasil, ya!
(DEL)
Bagaimana program makan sehat yang benar?
chevron-down
Apa manfaat olahraga untuk berat badan?
chevron-down
Berapa jumlah penurunan berat badan yang disarankan?
chevron-down