Woman
·
18 Juli 2021 23:44
·
waktu baca 1 menit

Doa Terhindar dari Fitnah Dunia, Biar Terhindar dari Api Neraka

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Doa Terhindar dari Fitnah Dunia, Biar Terhindar dari Api Neraka (31677)
searchPerbesar
Ilustrasi doa terhindar dari fitnah. (Dok. Freepik)
Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan, begitulah perumpamaannya. Untuk menghindari bahaya dari tuduhan salah sasaran itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui doa terhindar dari fitnah.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Tafsir al-Azhar Jilid 3 (2020) oleh Hamka, karena berbahaya, azab siksaan dari fitnah sangatlah pedih. Oleh karena itu, umat Islam (baik wanita maupun pria), diperingatkan untuk menjauhi fitnah.
Perintah itu ada di dalam Surat Al-Anfaal ayat 25 yang memiliki tafsir sebagai berikut:

“Dan, jauhilah olehmu suatu fitnah yang tidak akan menimpa orang-orang yang zalim di antara kamu saja. Dan ketahuilah bahwasanya Allah amatlah pedih siksaan-Nya.”

Fitnah itu tidak hanya membahayakan orang yang zalim, tetapi juga orang-orang yang tidak bersalah.
Apalagi, menurut Abu Fatiah al-Adnani dalam buku Fitnah & Petaka Akhir Zaman (2007), para nabi yang diutus oleh Allah Swt juga telah memperingatkan terkait bahaya dari fitnah akhir zaman alias fitnah Dajjal. Untuk itu, kita harus berhati-hati.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara untuk melindungi diri adalah memanjatkan doa terhindar dari fitnah. Bagaimanakah bunyi dari doa itu?
Doa Terhindar dari Fitnah Dunia, Biar Terhindar dari Api Neraka (31678)
searchPerbesar
Ilustrasi kumpulan doa terhindar dari fitnah dunia. (Dok. Freepik)

Doa Terhindar dari Fitnah Dunia, Biar Terhindar dari Api Neraka

Mengutip berbagai buku, berikut ini kumpulan doa terhindar dari fitnah yang bisa kamu panjatkan setiap hari.
1. Doa dalam Hadis Riwayat Imam Ashhabus-Sunan dari Ibnu Abbas
Allaahumma inni a’udzubika min ‘adzaa bi jahannama, wa a’uudzubika min adzaa bilqubri, wa a’uudzubika min fitnathi madiihiddujjali, wa a’uudzubika min fitnathilmahyaa wal mamaati, wa a’uudzubika minalma’ tdimi wal maghrami, wa a’uudzubika min syarri fitnathil ghinaa wa min syarri fitnathil faqri, wa a’uudzubika min syarri sam’ii, wa min syarri bashorii, wa min syarri lisaanii, wa min syarri qulbii wa a’uudzubika min an urodda ilaal ‘umuri, wa a’uu dzubika min an amuu ta fii sabiilika mudbiraan.
Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa Neraka Jahannam. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal yang pembohong. Aku berlindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan fitnah mati. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan fitnah kaya dan kejelekan fitnah fakir. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pendengaran, penglihatan, lisan, dan hatiku. Aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada umur yang terlalu tua. Aku berlindung kepada-Mu dari mati dalam keadaan ingkar kepada agama-Mu.

Doa Terhindar dari Fitnah Dunia, Biar Terhindar dari Api Neraka (31679)
searchPerbesar
Ilustrasi berdoa terhindar dari fitnah. (Dok. Freepik)
2. Surah Yunus ayat 85 hingga 86
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Kumpulan Doa Mustajab Sepanjang Hayat yang ditulis oleh Nurdin Hasan, kamu juga dapat memanjatkan doa yang dipanjatkan oleh umat Islam pengikut Nabi Musa pada zaman Raja Fir’aun.
Berikut ini bunyi dua ayat tersebut:
رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
“... Robbanaa laa taj’alnaa fitnatal lilqaumizh zhaalimiina (85). Wa najjinaa bi rohmatika minal qaumi kaafiriina (86).”
Artinya:

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim. Dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari orang-orang kafir.

3. Surat An-Nisa ayat 75
Robbanaa akhrijnaa min haadzihil qaryatizh zhaalimi ahluhaa waj’al lanaa mil ladunka waliyyan waj’al lanaa mil ladunka nashiiro.
Artinya:

Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong dari sisi-Mu. (Q.S. An-Nisa: 75)

Setidaknya, itulah tiga doa terhindar dari fitnah yang dapat kamu panjatkan untuk menghindari bahaya fitnah. Semoga kita semua terus dilindungi dari dampak negatif fitnah ya, amin.
ADVERTISEMENT
(TDI)