Ketahui Berbagai Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
21 Maret 2022 21:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ketahui Berbagai Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh (208351)
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Saat ini sudah banyak yang mengetahui manfaat collagen bagi tubuh, baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun kebugaran badan.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Harvard Education Journal, Collagen adalah protein berbentuk serat yang mempunyai komposisi paling banyak di tubuh. Collagen memiliki fungsi untuk membuat jaringan-jaringan ikat yang menghubungkan antara satu jaringan dengan jaringan lainnya. Seperti kulit, otot, tulang, ligamen, dan lain sebagainya.
Sebagai salah satu protein yang tersebar di seluruh bagian tubuh, collagen memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Hello Ladies telah merangkum beberapa manfaat collagen untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh kamu.

Berbagai Manfaat Collagen

1. Bermanfaat bagi kesehatan tulang
Collagen merupakan salah satu komponen utama yang ada pada tulang dan memengaruhi kesehatan tulang. Semakin banyak collagen yang ada pada tubuh maupun tulang, maka semakin kuat struktur tulang. Dilansir dari Health Line, sebuah penelitian menunjukkan jika suplemen yang terkandung pada collagen membantu mengurangi risiko kerusakan tulang yang bisa menyebabkan osteoporosis.
ADVERTISEMENT
2. Bagus untuk rambut dan kuku
Ketahui Berbagai Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh (208352)
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh. Foto: Pexels
Collagen juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kuku. Kandungan pada collagen membantu mempercepat pertumbuhan kuku dan rambut agar lebih mudah panjang. Dengan rajin mengonsumsi collagen, rambut kamu akan lebih lebat dan sehat.
3. Kesehatan kulit
Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang juga memiliki banyak kandungan collagen di dalamnya. Dikutip dari Very Well Health, collagen dinilai mampu mencerahkan kulit, menjaga kulit tetap elastis, terhindar dari penuaan dini, dan melembapkan kulit. Seiring dengan bertambahnya umur, tingkat produktivitas pada kulit menurun sehingga kamu memerlukan collagen agar kulit tetap tampil prima.
4. Mengurangi rasa sakit pada nyeri sendi
Collagen berfungsi untuk menjadi pengikat atau penghubung antara sendi satu dengan sendi yang lain. Dengan demikian, jumlah kandungan collagen pada sendi atau otot sangat mempengaruhi keadaan sendi. Suplemen collagen yang cukup dapat membantu mengurangi gejala nyeri pada sendi atau osteoartitis.
ADVERTISEMENT
5. Meningkatkan massa otot
Ketahui Berbagai Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh (208353)
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Collagen untuk Kesehatan Tubuh. Foto: Pexels
Seperti yang kita tahu jika otot terdiri dari collagen yang melimpah. Sebagai salah satu protein yang terkandung dalam otot, collagen berpengaruh besar kepada massa otot yang ada pada tubuh. Mengonsumsi collagen secara rutin ditambah dengan olahraga teratur akan semakin menguatkan otot dan menambah massa pada otot kamu. Terlebih jika kamu sudah mulai menua, segera rutin minum collagen dan olahraga teratur agar otot tetap kuat.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu untuk semakin hidup sehat ya, Ladies.
(AP)
Collagen apakah bagus untuk kulit?
chevron-down
Apa manfaat collagen untuk kesehatan?
chevron-down
Apakah collagen memiliki efek samping?
chevron-down