Woman
·
11 Juni 2021 14:34
·
waktu baca 2 menit

Manfaat Mugwort untuk Kecantikan, Mantap Banget!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Manfaat Mugwort untuk Kecantikan, Mantap Banget! (167322)
Ilustrasi manfaat mugwort untuk kecantikan. (Dok. Unsplash/Aiony Haust)
Sudah pernah dengar tentang manfaat mugwort untuk kecantikan kulit? Ternyata, ada banyak sekali loh! Tak hanya itu, mugwort atau moxa juga memiliki manfaat lain. Apa saja ya?
ADVERTISEMENT
Secara sederhana, moxa merupakan gulma. Di Korea, tanaman itu banyak digunakan sebagai ramuan herbal karena punya sifat antibakteri, antijamur, dan melindungi kulit dari masalah-masalah lain.
Melansir Allure, Dokter Kulit yang berbasis di Austin, Ted Lain menyebut moxa seperti vitamin C. Sebab keduanya mengandung antioksidan.
Di sisi lain, Ahli Kimia Kosmetik, Ginger King membandingkan moxa dengan pohon teh yang mampu membunuh bakteri dan mengatasi jerawat.

Manfaat Mugwort untuk Kecantikan

Ladies sudah tahu kalau ada berbagai manfaat mugwort untuk kecantikan kulit? Apa saja manfaat tersebut? Yuk simak penjelasan dari dokter kulit berikut ini!
1. Manfaat mugwort untuk kulit sensitif dan kulit kering
Bagi pemilik kulit sensitif dan kulit kering, mugwort memiliki dampak yang baik. Menurut Dokter Kulit Rachel Nazarian, tanaman itu bahkan cocok untuk mengatasi masalah kulit psoriasis dan eksim.
ADVERTISEMENT
Sifat antiinflamasi pada mugwort efektif mengatasi kulit kering yang mengalami iritasi. Sementara vitamin E di dalamnya meredakan kemerahan pada kulit sekaligus menjaga kelembapannya.
Manfaat Mugwort untuk Kecantikan, Mantap Banget! (167323)
Ilustrasi tanaman mugwort. (Dok. Pixabay/Carola68)
2. Manfaat mugwort untuk kulit yang menua
Dokter Kulit, Ted Lain mengatakan, mugwort bagus untuk kulit yang menua.”Uji coba terhadap sel dan tikus mengungkapkan, mugwort bertindak sebagai antioksidan. Ia membantu mencegah kerusakan akibat sinar ultraviolet, serta stimulator kolagen yang membantu mengurangi kemunculan garis-garis halus,” jelas Lain.
3. Manfaat mugwort untuk kulit berjerawat
Sifat antibakteri dalam mugwort memungkinkannya melawan bakteri di kulit. Sudah begitu, mugwort juga membersihkan pori-pori dari bakteri dan minyak berlebih. Secara alami, tanaman itu dapat membunuh bakteri dan mengatasi breakouts.

Cara Menggunakan Mugwort untuk Skin Care

Bagaimana penggunaan mugwort dalam perawatan kulit sehari-hari?
ADVERTISEMENT
1. Gunakan pencuci muka mugwort
Sebagai tahap awal, kamu bisa memulai dengan memakai sabun pencuci muka yang mengandung bahan mugwort. Produk dengan bahan tanaman itu dipercaya dapat menenangkan dan menutrisi kulit. Tak cuma itu, sabun cuci muka mugwort juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur.
2. Gunakan masker mugwort
Melansir Iluillui, kamu juga dapat memulai menggunakan masker wajah berbahan dasar mugwort. Dengan masker itu, kamu dapat menenangkan iritasi dan peradangan pada kulit, sembari meningkatkan kelembapannya.
Manfaat Mugwort untuk Kecantikan, Mantap Banget! (167324)
Ilustrasi tanaman mugwort yang kering. (Dok. Pixabay/Jhenning Naturphotos)

Manfaat Mugwort dalam Pengobatan Tradisional

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, mugwort banyak digunakan dalam proses moxibustion, pengobatan menggunakan tanaman obat moxa. Di China, moxibustion telah berjalan lebih dari 3.000 tahun.
Berdasarkan studi bertajuk Effects of Moxa (Artemisia vulgaris) Smoke Inhalation on Heart Rate and Variability (2011) oleh Zhao dkk, asap dari pembakaran moxa dapat meningkatkan sistem saraf otonom dan menghasilkan efek relaksasi pada tubuh.
ADVERTISEMENT

Efek Samping Mugwort

Meski ada berbagai manfaat mugwort untuk kecantikan, tanaman itu juga membawa efek samping bagi sejumlah orang. Kabarnya, ia dapat menyebabkan reaksi alergi berupa bersin dan gejala terkait sinus. Tak hanya itu, mugwort juga berpotensi menyebabkan ruam pada sejumlah orang.
Untuk itu, mugwort harus dihindari oleh orang-orang yang alergi terhadap:
- Buah persik.
- Buah apel.
- Seledri.
- Wortel.
- Bunga matahari.
- Sejumlah tanaman lain.
(TDI)