Woman
·
9 Juni 2021 11:04
·
waktu baca 2 menit

Skincare untuk Kulit Berjerawat, Ketahui 5 Kesalahan Pemula Ini!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Skincare untuk Kulit Berjerawat, Ketahui 5 Kesalahan Pemula Ini! (107593)
Ilustrasi Skincare untuk Kulit Berjerawat, Ketahui 5 Kesalahan Pemula Ini! Foto: Unsplash
Jerawat memang menjadi masalah kulit yang cukup umum sehingga banyak orang membutuhkan skincare untuk kulit berjerawat. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), masalah kulit yang paling umum di AS dan dialami oleh 50 juta orang per tahun adalah jerawat minor. Bahkan, rentan umur yang berkisar dari 12-24 tahun sudah mengalami kulit berjerawat.
ADVERTISEMENT
Bingung mengapa kulit sering mengalami jerawat? Brendan Camp, ahli dermatologi, menjelaskan bahwa ada beberapa penyebab kulit berjerawat, yakni pori-pori kulit yang tersumbat, produksi minyak berlebihan, bakteri, perubahan hormon, dan bahkan pola diet. Maka dari itu, kamu perlu rutinitas skincare yang tepat untuk mengatasi kulit berjerawat.
Arash Akhavan, ahli dermatologi, menambahkan bahwa tak semua perawatan kulit berjerawat memerlukan produk yang selalu dianjurkan dokter. Cukup dengan rutinitas skincare di rumah, kamu dapat mengatasi segala mimpi buruk tentang jerawat.
Hal terpenting dalam melakukan skincare untuk kulit berjerawat adalah konsistensi dan rutinitas skincare serta pemilihan produk skincare yang berkualitas.

Kesalahan Skincare untuk Kulit Berjerawat

Sebagai pemula, mungkin kamu akan sering melakukan kesalahan dalam runititas skincare untuk kulit berjerawat. Coba ketahui dan pahami 5 kesalahan pemula berikut ini untuk menghindari munculnya jerawat yang semakin banyak.
ADVERTISEMENT
1. Melakukan rutinitas skincare baru setiap minggu
Skincare untuk Kulit Berjerawat, Ketahui 5 Kesalahan Pemula Ini! (107594)
Ilustrasi Melakukan rutinitas skincare baru setiap minggu Foto: Unsplash
Ingat, hal terpenting dalam menerapkan skincare untuk kulit berjerawat adalah konsistensi. Jika kamu melakukan rutinitas skincare baru setiap minggu, justru hal ini dapat memicu pertumbuhan jerawat.
Coba pilih dan terapkan rutinitas skincare yang paling cocok untuk kamu. Gunakan produk tersebut dengan rutinitas yang sama selama 6-8 minggu. Memang hasil kulit yang diinginkan tidak dapat langsung muncul secara instan. Biasanya kamu harus menunggu hingga 3-4 bulan.
2. Menggunakan produk skincare hanya pada area jerawat
Kesalahan pemula dalam menerapkan skincare untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah menggunakan produk skincare hanya pada area jerawat. Sebaiknya kamu tidak hanya memerhatikan area wajah yang sedang mengalami jerawat, tetapi seluruh muka juga perlu ditangani karena ada kemungkinan jerawat yang baru muncul di area lain.
ADVERTISEMENT
Oleskan produk skincare pada seluruh wajah dari dahi, hidung, hingga dagu. Pastikan perawatan ini sudah merata pada seluruh bagian wajah untuk menghindari jerawat baru. Kecuali apabila kamu menggunakan salep jerawat ya, ladies. Produk jenis ini memang umumnya hanya diaplikasikan pada jerawat.
3. Menggunakan alat rias yang sama dengan orang lain
Skincare untuk Kulit Berjerawat, Ketahui 5 Kesalahan Pemula Ini! (107595)
Ilustrasi Menggunkan Alat Rias yang Sama dengan Orang Lain Foto: Unsplash
Meskipun kamu hanya menggunakan produk riasan tertentu, menggunakan alat rias yang sama dengan orang lain akan tetap berisiko menimbulkan jerawat.
Jerawat sendiri tidak dapat menular. Namun, bakteri, minyak dan sel kulit mati pada alat rias yang digunakan orang lain dapat berpindah ke kulitmu sendiri. Akibatnya, pori-pori kulit terhambat sehingga kamu juga mengalami kulit berjerawat.
4. Membuat kulit kering
ADVERTISEMENT
Kulit berjerawat memang cenderung dialami oleh orang dengan kulit berminyak. Akan tetapi, jangan biarkan hal ini membuat kamu menggunakan perawatan jerawat yang membuat kulit menjadi kering. Perlu diingat kulit kering bukan berarti sehat, justru kulit jadi mudah iritasi.
Dengan kulit yang iritasi, kamu malah bisa menimbulkan jerawat lebih banyak. Gunakan perawatan jerawat sesuai arahan yang diberikan. Agar kulit tidak kering, gunakan moisturizer untuk kulit berjerawat sebanyak dua kali per hari setelah mencuci muka.
5. Memencet jerawat
Saat kamu menekan atau memencet jerawat, ada kemungkinan bahwa kamu juga mendorong sel kulit mati atau bakteri masuk lebih dalam pada kulit. Hal ini nantinya akan menimbulkan peradangan pada kulit. Belum lagi apabila peradangan ini berujung pada bekas luka yang menyakitkan.
ADVERTISEMENT
Usahakan tidak menyentuh atau menghancurkan jerawat pada kulit. Gunakan perawatan kulit berjerawat yang tepat. Apabila jerawat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, segera konsultasikan ke ahli dermatologi untuk menghilangkan jerawat.
(AH)