Woman
·
9 Juni 2021 9:08
·
waktu baca 2 menit

Skincare untuk Kulit Berminyak, Coba 5 Tips Perawatan Kulit Berikut!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Skincare untuk Kulit Berminyak, Coba 5 Tips Perawatan Kulit Berikut! (328101)
Ilustrasi Skincare untuk Kulit Berminyak, Coba 5 Tips Perawatan Kulit Berikut! Foto: Unsplash
Mengingat kulit berminyak yang rentan akan jerawat, mau tidak mau kamu harus bisa mencari skincare untuk kulit berminyak yang tepat. Sering kali kulit berminyak itu dianggap sebagai salah tipe kulit yang merugikan. Akan tetapi, justru kulit berminyak ini memiliki satu keunggulan tersendiri, yakni tidak mudah keriput.
ADVERTISEMENT
Kulit berminyak disebabkan sebum yang berlebihan yang diproduksi oleh kelenjar sebasea pada permukaan kulit. Kelenjar sebasea yang bekerja sama dengan kelenjar keringat pada dasarnya berperan penting dalam melembapkan kulit.
Sebum adalah minyak alami dari lemak yang membuat kulit tetap mengkilap serta sehat. Namun, sebum yang berlebihan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan kulit berjerawat. Perubahan hormon, faktor genetik, dan stres juga bisa meningkatkan produksi sebum.
Meskipun skincare untuk kulit berminyak itu terkadang menyulitkan, tapi bukan berarti tidak mustahil untuk merawat kulit berminyak.

Skincare untuk Kulit Berminyak, Coba 5 Tips Perawatan Kulit Berikut!

1. Cuci muka sebanyak dua kali setiap hari
Skincare untuk Kulit Berminyak, Coba 5 Tips Perawatan Kulit Berikut! (328102)
Ilustrasi Cuci Muka Sebanyak Dua Kali Setiap Hari Foto: Unsplash
Tips skincare untuk kulit berminyak yang pertama adalah mencuci muka sebanyak dua kali sehari. Lakukan hal ini pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum beristirahat.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya gunakan cleanser berbentuk busa karena busa bekerja lebih baik dalam menghilangkan minyak yang berlebihan sehingga kulit terasa bersih dan segar.
Setelah melakukan aktivitas yang membuat kamu mengeluarkan banyak keringat, langsung cuci muka. Keringat dapat berpotensi menyebabkan jerawat.
Namun, jangan sampai kamu cuci muka terlalu sering karena justru kulitmu malah akan mengalami iritasi.
2. Gunakan astringent
Skincare untuk Kulit Berminyak, Coba 5 Tips Perawatan Kulit Berikut! (328103)
Ilustrasi Gunakan Astringent Foto: Pexels
Tips skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah mengendalikan produksi minyak dengan astringent. Astringent mirip seperti toner yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit berminyak. Jadi, gunakan astringent untuk menghilangkan minyak berlebihan pada kulit.
Selain itu, astringent bisa digunakan saat mencuci muka untuk menghilangkan minyak dan menghindari jerawat. Usahakan menggunakan astringent dengan kandungan asam glikolat atau asam salisilat.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakannya, oleskan astringent dengan kapas pada seluruh area wajah dan leher. Lakukan tips ini setelah cuci muka dan sebelum menggunakan moisturizer.
3. Utamakan produk berbasis air dan bebas minyak
Saat memilih produk skincare untuk kulit berminyak, lebih baik utamakan produk berbasis air dan bebas minyak. Khususnya ketika kamu memilih kandungan produk yang cenderung tahan lama pada kulit, seperti moisturizer, tabir surya, dan make up.
Produk berbasis air adalah pilihan skincare terbaik untuk jenis kulit berminyak. Biasanya produk ini berbentuk gel dan terasa ringan pada kulit.
Selain itu, kamu bisa juga menggunakan produk dengan label noncomedogenic. Dengan begitu, kamu bisa menghindari komedo dan mencegah timbulnya jerawat.
4. Jangan menggosok kulit terlalu keras
ADVERTISEMENT
Tips skincare untuk kulit berminyak berikutnya adalah jangan menggosok kulit terlalu keras. Biasanya orang dengan kulit berminyak cenderung menggosok kulitnya terlalu keras. Dikarenakan mereka menganggap minyak pada kulit akan hilang.
Nyatanya, hal sebaliknya yang terjadi. Bukan merawat kulit, melainkan membuat kulit iritasi akibat gosokan yang terlalu keras. Selalu jaga dan rawat kulitmu selembut mungkin.
5. Eksfoliasi kulit dan perawatan jerawat
Terakhir, perawatan yang harus kamu lakukan adalah eksfoliasi kulit dan perawatan jerawat. Terutama saat minyak yang berlebihan juga membuat pori-pori kulit tampak besar. Meskipun kamu tidak bisa mengubah ukuran pori kulitmu, setidaknya kamu bisa menyamarkannya agar tidak tampak terlalu jelas.
Jika kamu ingin mencegah kulit berminyak yang menibulkan jerawat sekaligus mengurangi penampakan pori-pori kulit, ada banyak perawatan jerawat yang bisa kamu pilih. Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki masalah jerawat, kamu bisa langsung melakukan eskfoliasi kulit untuk membantu membersihkan dan menyamarkan pori-pori kulit.
ADVERTISEMENT
(AH)