Woman
·
24 Juli 2021 14:47
·
waktu baca 1 menit

Skincare untuk Kulit Kombinasi, Biar Kulit Tetap Sehat dan Segar

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Skincare untuk Kulit Kombinasi, Biar Kulit Tetap Sehat dan Segar (937158)
searchPerbesar
Ilustrasi Skincare untuk Kulit Kombinasi, Biar Kulit Tetap Sehat dan Segar. Foto: Pexels
Siapa yang penasaran sama skincare untuk kulit kombinasi? Memang menemukan skincare yang tepat untuk kulit kombinasi itu tak mudah. Hal ini disebabkan oleh jenis kulit kombinasi yang memadukan kulit berminyak dan kering.
ADVERTISEMENT
Melansir Beauty Bay, kulit kombinasi bukan dalam kondisi kering atau berminyak, melainkan campuran antara keduanya. Inilah yang membuat perawatan kulit kombinasi agak rumit. Kamu harus bisa menemukan perawatan kulit yang dapat menangani kulit kombinasi sekaligus.
Biasanya kulit kombinasi memiliki area berminyak, di mana kulit tampak mengkilap dan pori-porinya tertutup, yaitu pada T zone (dahi, hidung, dan dagu). Sementara, area kulit kering dapat ditemukan di sekitar pipi, rahang, dan garis rambut. Akibatnya, bagian kering ini sering mengalami kemerahan.

Skincare untuk Kulit Kombinasi, Biar Kulit Tetap Sehat dan Segar

Dilansir dari Honest, berikut skincare untuk kulit kombinasi biar kulit tetap sehat dan segar:
1. Cleanser
Mulai setiap perawatan kulit dengan cleanser. Gunakan cleanser di pagi hari untuk memulai rangkaian skincare wajib kamu.
ADVERTISEMENT
Di malam hari, kamu bisa melakukan double cleansing. Pertama gunakan cleansing oil atau micellar water untuk menghilangkan segala kotoran, polusi, serta riasan akan hilang. Setelah itu, baru pakai pencuci wajah.
2. Exfoliator
Selanjutnya, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit dengan menggunakan exfoliating toner, masker, atau scrub wajah. Eskfoliasi kulit yang baik akan membuka pori-pori kulit serta menghancurkan sel kulit mati. Akan tetapi, hindari eksfoliasi kulit yang bersifat kasar karena justru berpotensi menimbulkan peradangan pada kulit.
Eksfoliasi kulit secara rutin akan mendorong regerasi sel kulit baru. Alhasil, rona dan tekstur kulit akan lebih halus dan merata. Usahakan melakukan eksfoliasi sebanyak 1-3 kali per minggu.
Untuk kulit kombinasi, kalian bisa menggunakan produk eksfoliasi berbasis gel atau air dengan kandungan BHA. Lebih baik lagi apabila produk eksfoliasi ini memiliki kandungan yang dapat menutrisi wajah. Hal ini akan mengurangi produksi minyak, membuka pori-pori, dan menghaluskan kulit kering.
ADVERTISEMENT
3. Serum dan essence
Skincare untuk Kulit Kombinasi, Biar Kulit Tetap Sehat dan Segar (937159)
searchPerbesar
Ilustrasi Serum Foto: Pexels
Essence biasanya mendorong nutrisi dan hidrasi pada kulit sehingga ketahanan kulit semakin kuat dan stabil. Dengan perlindungan kulit yang kuat, kamu dapat terhindari dari iritasi dan radikal bebas. Di sisi lain, serum digunakan untuk masalah kulit yang spesifik, seperti peradangan, rona kulit yang tak rata, dan garis halus.
Untuk kulit kombinasi, kalian bisa menggunakan serum berbahan retinol. Nantinya serum ini takkan membuat kondisi kulit terlalu kering atau berminyak. Alhasil, kulit berhasil mencapai keseimbangan yang sehat.
4. Eye Cream
Perlu diketahui bahwa kulit sekitar mata sangat rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Maka dari itu, gunakan eye cream untuk menjaga hidrasi dan keseimbangan kulit.
Nantinya, eye cream ini dapat meredakan dan mencegah garis halus, kantung mata, serta tanda-tanda penuaan dini. Tanpa membutuhkan jumlah yang banyak, aplikasikan krim secukupnya dengan lembut.
ADVERTISEMENT
5. Pelembap
Menggunakan pelembap dapat menjadi tantangan tersendiri untuk kulit kombinasi. Usahakan tidak menggunakan pelembap yang terlalu kental karena hal ini akan memicu produksi minyak pada kulit. Pastikan area kulit yang kering menerima hidrasi yang cukup. Coba pilih pelembap berbasis gel yang ringan agar mudah menyerap pada kulit.
6. Tabir Surya
Skincare untuk Kulit Kombinasi, Biar Kulit Tetap Sehat dan Segar (937160)
searchPerbesar
Ilustrasi Tabir Surya Foto: Pexels
Skincare untuk kulit kombinasi yang terakhir adalah pemakaian tabir surya. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari akan menghambat proses penuaan dini. Khusus kulit kombinasi, kamu bisa memlih tabir surya yang ringan. Pastikan juga tabir surya terpilih memiliki tingkat SPF sebanyak 30 atau lebih untuk melindungi kulit wajah.
Nah, itu skincare untuk kulit kombinasi yang efektif dan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya.
ADVERTISEMENT
(AH)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white