Woman
·
11 Juni 2021 13:39
·
waktu baca 1 menit

Tanaman Aquascape, 5 Jenis yang Cocok untuk Pemula

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Tanaman Aquascape, 5 Jenis yang Cocok untuk Pemula (21489)
Ilustrasi Tanaman Aquascape, 5 Jenis Tanaman Akuarium Cocok untuk Pemula. Foto: Pexels
Tertarik dengan tanaman aquascape? Di masa pandemi ini, tentu hari-hari kamu terasa jenuh dan bosan apabila seharian hanya bisa beraktivitas dari rumah. Sebagai aktivitas baru agar dapat menyatu kembali dengan alam, aquascaping bisa jadi hobi baru kamu nih.
ADVERTISEMENT
Bagi yang belum tahu arti aquascaping, dasarnya aktivitas ini melibatkan kreativitas kamu untuk membuat ekosistem hidup yang indah dan sehat di dalam akuarium. Meskipun aktivitas ini membutukan waktu yang lama dan tingkat kesabaran yang tinggi, pastinya kamu akan mendapatkan imbalan yang setimpal, baik untuk kesehatan tubuh maupun pikiran.
Tanpa menggunakan zat kimia yang berbahaya, kamu cukup menanamkan replikasi tanaman asli di dalam akuarium. Tanaman ini disebut dengan tanaman aquascape yang cocok untuk hidup dalam air akuarium. Sebagai permula, kamu dapat memilih beragam tanaman yang berpotensi hidup lebih lama.

Tanaman Aquascape, 5 Jenis Tanaman Akuarim Cocok untuk Pemula

1. Java Moss
Tanaman Aquascape, 5 Jenis yang Cocok untuk Pemula (21490)
Ilustrasi Java moss Foto: Pexels
Sebagai salah satu tanaman aquascape yang paling umum ditemukan dalam ekosistem akuarium, Java Moss ini tumbuh seperti lumut yang hidup di bawah air. Dikarenakan sifat pertumbuhannya yang cepat, kamu harus sering-sering memotong dan merapikan tanaman yang menjadi karpet bagian bawah akuarium ini.
ADVERTISEMENT
Menurut It's A Fish Thing, Java Moss ini juga cocok sebagai tempat berteduh bayi udang. Namun, perhatikan bahwa tanaman aquascape ini memerlukan sesuatu yang berat untuk menahannya agar tidak mengambang ke atas. Selain sebagai tempat pemeliharaan ikan dan udang, tanaman Java moss ini juga menyediakan ekosistem untuk bakteri mikroskopik sebagai persediaan makanan ikan yang baik.
2. Marsilea Minuta
Tanaman aquascape bernama Marsilea Minuta ini juga cocok untuk para pemula sebagai alternatif karpet akuarium. Dengan memotongnya secara rutin, tamanan aquascape ini bakal bisa hidup dengan mudah. Untuk mengetahui kapan tanaman tersebut mulai layu, cukup perhatikan warna hijau yang perlahan berubah menjadi kuning.
Tanaman Marsilea Minuta ini juga tampak seperti karpet dengan daun yang cukup tebal. Terkadang daunnya akan menahan kotoran di bawahnya, jadi kamu harus perhatikan kondisi tanaman agar tetap bersih.
ADVERTISEMENT
3. Anubias Nana
Tanaman aquascape bernama Anubias Nana memiliki pertumbuhan yang cenderung cepat, terutama setelah dipotong secara rutin. Anubias Nana ini cocok sekali untuk ditaruh di bagian tengah akuarium sebagai dekorasi.
Sering kali video bertema akuarium menunjukkan tanaman aquascape yang hidup ini. Anubias Nana memiliki kemampuan untuk memproduksi gelembung dari daunnya. Tanaman ini akan bagus sekali untuk menyelaraskan transisi antara hardscape dan pupuk atau tanah pada bagian bawah akuarium.
4. Amazon Swords
Tanaman aquascape dengan sebutan Amazon Swords ini cukup populer juga di kalangan tanaman akuarium lainnya. Tanaman akuarium yang satu ini cenderung kebal terhadap kondisi air yang bermacam-macam sehingga sangat mudah untuk menjaganya.
Namun, hati-hati ketika Amazon Swords ini mulai bertumbuh karena pertumbuhannya bisa melebihi perkiraan. Maka, tanaman aquascape berikut cocok sekali untuk digunakan sebagai latar belakang akuarium. Tanaman akuarium ini juga dianggap pas untuk berbagai macam ikan.
ADVERTISEMENT
5. Java Fern
Tanaman Aquascape, 5 Jenis yang Cocok untuk Pemula (21491)
Ilustrasi Java Fern Foto: Unsplash
Terakhir, tanaman akuarium bernama Java Fern ini juga dikenal dengan perawatannya yang super mudah dan minimalis. Tanpa perlu metode rumit, tanaman akuarium berikut menjadi salah satu tanaman air yang populer di kalangan pemula.
Java Fern memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik di seluruh bagian akuarium. Pertumbuhan tanaman ini juga membuatnya selalu tampak rapi. Perlu diketahui bahwa tanaman ini lebih baik ditaruh pada batu atau kayu, ketimbang tanah pada bagian dasar akuarium.
(AH)