Woman
·
22 Juli 2021 21:58
·
waktu baca 2 menit

Urutan Skincare yang Benar ala Korea Selatan, Biar Kulit Enggak Kusam

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Urutan Skincare yang Benar ala Korea Selatan, Biar Kulit Enggak Kusam (318699)
searchPerbesar
Ilustrasi urutan skincare yang benar ala Korea Selatan. (Dok. Freepik)
Mau mencoba produk perawatan kulit berlapis, tetapi bingung bagaimana urutan skincare yang benar? Tenang saja, informasi dalam artikel ini dapat membantu kamu.
ADVERTISEMENT
Masalah pada kulit perlu ditangani dengan berbagai macam produk. Tidak cukup jika kamu hanya menggunakan satu saja.
Selain itu, penting pula untuk memerhatikan urutan penggunaan produk-produk perawatan kulit. Apabila kamu salah langkah, efektivitas produk itu akan berkurang. Akibatnya, masalah kulit tidak akan teratasi dengan baik.
Apalagi bila kamu mengikuti urutan skincare ala Korea, di mana skincare-nya berlapis-lapis. Wajib banget loh buat menggunakan produk-produk itu dengan urutan yang tepat.
Nah, kali ini Hello Ladies akan membahas urutan skincare yang benar ala Korea Selatan edisi malam hari. Informasinya didapat dari ahli kecantikan Negeri Ginseng itu loh. Mari simak bersama ulasan berikut ini!

Urutan Skincare yang Benar ala Korea Selatan, Biar Kulit Enggak Kusam

Mengacu pada buku Korean Beauty Secrets: A Practical Guide to Cutting-Edge Skincare & Makeup (2015) oleh Thompson dan Park, ada berbagai versi dari urutan skincare Korea edisi malam hari. Dari lima langkah, sampai 12 langkah.
ADVERTISEMENT
Di kesempatan ini, kita akan bahas 9 langkah dalam urutan skincare yang benar ala Korea Selatan. Tips ini berasal dari penulis buku The Little Book of Skincare: Korean Beauty Secrets for Healthy, Glowing Skin (2015), Charlotte Cho. Seperti apa ya? Yuk pelajari!
1. Pembersih
Mengutip Hello Giggles, Cho menyarankan untuk menggunakan pembersih di awal urutan skincare. Pendiri merek Soko Glam itu sendiri lebih memilih cleansing balm guna membersihkan riasan dan kotoran dari wajahnya. Kamu juga dapat menggunakan pembersih lain, seperti cleansing milk atau cleansing oil.
2. Hydrating Cleanser
Setelah membersihkan wajah dengan cleansing balm, Cho memakai hydrating cleanser. Ia menggunakan dua jenis pembersih untuk memastikan tidak ada satu pun kotoran yang tertinggal di kulit.
ADVERTISEMENT
Dua langkah itu disebut sebagai double cleansing. Apa itu? Menurut Anjali Mahto dalam The Skincare Bible: Your No-Nonsense Guide to Great Skin (2018), pembersihan ganda atau double cleansing adalah cara membersihkan kulit memakai dua jenis pembersih berbeda.
3. Toner (Eksfoliasi)
Selanjutnya, kamu perlu mengangkat sel kulit mati menggunakan toner eksfoliasi. Pilih toner yang memiliki kandungan asam atau acid ya!
Melalui tahap eksfoliasi, kamu bukan hanya dapat menghilangkan sel kulit mati, melainkan meratakan warna kulit juga. Cocok sekali bagi kamu yang warna kulitnya tidak rata.
4. Essence
Pada urutan keempat, gunakan essence yang cocok dengan jenis kulit kamu. Produk ini dapat membantu menambah kelembapan kulit kamu loh.
5. Serum
Urutan Skincare yang Benar ala Korea Selatan, Biar Kulit Enggak Kusam (318700)
searchPerbesar
Ilustrasi serum dalam urutan skincare yang benar. (Dok. Pexels/Rodnae Productions)
Selanjutnya, pakai serum agar kulitmu semakin ternutrisi. Lebih lanjut, Ahli Bedah Dermatologi, Heather Rogers, menganjurkan penggunaan serum setelah essence. Jadi, jangan lupakan produk ini ya!
ADVERTISEMENT
6. Krim Malam
Kamu juga dianjurkan memakai krim malam yang dapat membantu mengurangi stres pada kulit. Cho menyarankan agar kamu memilih krim gel yang mengandung lavender dan vitamin E.
7. Krim Mata (Eye Cream)
Kemudian, aplikasikan krim khusus area mata. Mengapa harus krim khusus? Karena sensitivitas dan ketebalan kulit di dekat mata itu berbeda dengan area lain.
8. Masker
Untuk membuat kulit lebih kenyal dan sehat, kamu dapat menggunakan sheet mask dalam beberapa hari sekali. Cho sendiri memilih menggunakan masker bila ia merasa ingin.
9. Pelembap
Urutan Skincare yang Benar ala Korea Selatan, Biar Kulit Enggak Kusam (318701)
searchPerbesar
Ilustrasi pelembap dalam urutan skincare yang benar. (Dok. Freepik)
Sebagai tahap terakhir, pastikan untuk menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Produk itu akan menjaga tingkat kelembapan kulit wajah. Jadi, jangan dilupakan ya!
ADVERTISEMENT
(TDI)