kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Januari 2020 11:41

5 Tahap Daily Skin Care untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bekas_jerawat_-rtlcsi0kyejjbjvjv0cm.jpg
Ilustrasi wajah berjerawat. Sumber: Shutterstock
Minyak dan jerawat menjadi masalah utama kulit wajah terutama bagi kaum hawa. Untuk itu, diperlukan daily skin care khusus untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat.
ADVERTISEMENT
Ada banyak penyebab munculnya jerawat di wajah. Mulai dari produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori, bakteri, hormon, debu hingga makeup yang terlalu lama menempel di kulit wajah.
Bagi pemilik wajah berminyak dan berjerawat tentunya harus pintar memilih skin care dan melakukan perawatan dengan tepat. Karena jika salah langkah malah justru akan membuat kulit wajah semakin parah.

Berikut tahapan daily skin care untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Ilustrasi_kulit_berminyak-jr49yfyxfko4gtz8uosg.jpg
Ilustrasi wajah berminyak. Sumber: Shutterstock
1. Bersihkan wajah dengan pembersih berbahan dasar gel atau air
Tahap pertama dalam merawat kulit berminyak dan berjerawat adalah membersihkan wajah setelah ber-makeup dengan pembersih berbasis gel atau air. Karena jika menggunakan pembersih berbasis oil atau cream, dikhawatirkan akan membuat produksi minyak di wajah semakin banyak.
ADVERTISEMENT
Jelas kondisi seperti ini akan membuat wajah lebih rentan terhadap jerawat. Pastikan tidak ada sisa makeup di wajah agar pori-pori tidak tersumbat dan malah menimbulkan jerawat.
2. Sabun muka non-comedogenic
Langkah selanjutnya yakni melakukan double-cleansing. Cuci muka dengan sabun bertanda non-comedogenic dan berbentuk foam sehingga aman dan ringan di wajah. Sabun muka yang terlalu keras malah akan membuat kulit semakin sensitif.
Namun jangan juga mencari sabun muka yang dapat menyerap minyak. Pasalnya, kulit tetap memerlukan minyak alami. Karena jika minyak itu hilang, kulit akan semakin berjerawat lantaran kelenjar minyak berproduksi lebih banyak.
3. Exfoliating dan Hydrating Toner
Tahap ketiga yakni menggunakan exfoliating toner yang mengandung salicylic acid. Toner ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat mencerahkan wajah. Bahan acidnya sendiri dapat mengatasi sekaligus menghilangkan bekas jerawat.
ADVERTISEMENT
Namun exfoliating toner ini tidak perlu dipakai setiap hari lantaran akan membuat kulit menjadi kering. Cukup gunakan dua atau tiga hari sekali setelah membersihkan makeup.
Selain exfoliating toner, gunakan hydrating toner untuk menyeimbangkan pH kulit. Cara pakainya toner ini dilakukan dengan menepuk-nepuk pelan pada wajah secara merata. Toner ini juga berfungsi sebagai pelindung agar kulit tidak dehidrasi.
4. Serum dengan Kandungan Hyaluronic Acid
Serum dengan kandungan Hyaluronic Acid merupakan pilihan yang tepat untuk wajah berminyak dan berjerawat. Tidak hanya mampu mengatasi jerawat tapi juga mampu meremajakan kulit.
Gunakan serum setelah membersihkan wajah dengan toner. Serum terbilang paling mahal di antara skin care lainnya, namun diyakini ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit.
ADVERTISEMENT
5. Pelembab
Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembab? Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit berminyak dan berjerawat. Biasanya bentuknya tidak terlalu pekat atau creamy.
Misalnya pelembab berbahan dasar gel seperti aloe vera yang lebih cepat menyerap dan ringan di wajah. Hindari pelembab yang mengandung mineral oil karena dapat menyumbat pori-pori dan malah menimbulkan jerawat baru.
Pelembab juga bisa digunakan di malam hari sebelum tidur.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan