Woman
·
7 April 2021 21:32

4 Bentuk Dukungan Sesama Wanita

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
4 Bentuk Dukungan Sesama Wanita (450573)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@habibdadkhah
Hampir setiap wanita yang kita kenal, termasuk diri kita sendiri pernah mengalami situasi yang tidak nyaman. Mereka yang kurang beruntung bahkan harus melewati trauma akibat pelecehan seksual atau pengalaman menakutkan lainnya. Insiden tersebut tentunya menghantui semua wanita setiap kali keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Ragam kejahatan yang membahayakan wanita tak hentinya menjadi topik panas di media sosial. Para korban satu persatu muncul dan melaporkan kejadian yang tidak menyenangkan. Berbagai pengalaman yang tak diinginkan tersebut juga bisa membuat kita menjadi lebih waspada di setiap tempat yang kita singgahi.
Namun, bagaimanakah dengan mereka yang telah menjadi korban? Apa yang harus kita lakukan saat kita menemukan sesama wanita yang sedang berada di kondisi tidak aman? Nah, kita bisa mendukung sesama wanita melalui empat cara berikut ini.

Ambil sikap dan ambil tindakan

Banyak kasus pelecehan yang terjadi tidak tampak di permukaan hanya karena pelaku mendapat banyak dukungan dari teman, keluarga, atau pihak lain yang mencoba melindungi sang pelaku. Tentunya, ini sama sekali tidak benar. Si korban justru kehilangan dukungan dan sering terpaksa bungkam.
ADVERTISEMENT
Jika kita menemukan seorang wanita terbukti telah menjadi korban, kita harus mengambil sikap tegas atau melaporkan sang pelaku ke polisi, tak peduli jika kita mengenal si tersangka. Selain itu, hendaknya kita menemani korban agar dia lebih berani memberikan keterangan kepada pihak yang berwenang tentang apa yang baru saja dia alami.
4 Bentuk Dukungan Sesama Wanita (450574)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@hasanalmasi

Berhenti menyalahkan korban

Kebanyakan wanita setuju bagaimana mereka perlu merasakan dukungan dan pengertian terhadap perasaan mereka ketika dihadapkan pada situasi tidak aman. Bagi wanita, dukungan adalah salah satun hal yang penting.
Namun, wanita lain justru cenderung menyalahkan korban. Inilah saatnya untuk berhenti dan mulai mendengarkaan serta memahami apa yang korban rasakan. Coba sesekali kita memposisikan menjadi korban yang sedang berjuang keluar dari sesuatu yang mengerikan dan bersifat traumatis.
ADVERTISEMENT

Membuat wanita lain merasa aman

Banyak kejadian pelecehan seksual di ruang publik di mana sang korban tidak dapat dukungan atau perlindungan dari orang sekitarnya bahkan sesama wanita. Tentunya, kita bisa menjadi penolong untuk mencegah hal-hal yang tak namun berpotensi terjadi di depan mata.
Sebagai contoh, ketika kita melihat pria asing yang menggoda seorang wanita. Saat kita mengetahui si wanita mulai tidak nyaman, kita bisa berpura-pura menjadi teman atau keluarganya untuk membantu dia keluar dari situasi mengancam tersebut lalu meninggalkan calon pelaku sendirian.

Setiap orang membutuhkan dukungan moral

Banyak dari kita yang sedang berjuang keluar dari ketakutan akibat kurangnya dukungan moral dari orang-orang di sekitar. Setiap manusia pastinya melewati masa-masa sulit, baik pria maupun wanita. Kita semua mengalami saat-saat kesedihan, ketakutan, dan kerentanan.
ADVERTISEMENT
Coba terapkan pada pikiran bahwa masalah tidak membuat kita lemah. Sebaliknya, berbagai macam problematika membantu kita menjadi pribadi yang lebih kuat. Penting untuk diingat bahwa kata-kata dan isyarat dukungan yang paling sederhana dari orang lain dapat membuat perbedaan terbesar terhadap apa yang kita rasakan.
4 Bentuk Dukungan Sesama Wanita (450575)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@hasanalmasi