kumparan
search-gray
Woman29 Juli 2020 15:01

5 Alasan Kenapa Doa Tak Kunjung Terkabul

Konten kiriman user
5 Alasan Kenapa Doa Tak Kunjung Terkabul (142816)
Ilustrasi berdoa. Foto: Shutterstock
Berdoa adalah salah satu cara umat Islam meminta segala sesuatu bahkan memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan berdoa, maka mereka akan merasa dirinya dekat kepada Allah SWT. Sebab, tidak ada tempat meminta yang lebih baik selain kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Sudah berdoa, tapi tak kunjung dikabulkan. Bahkan sudah melakukannya setiap hari hingga di waktu mustajab, yakni salat tahajjud sekali pun. Tapi, kenapa doa kita tak kunjung terkabul, ya?
Memang, kita pasti pernah merasa seperti itu. Pada dasarnya, setiap doa yang kita ucapkan tentu akan dikabulkan oleh Allah SWT walaupun tidak tahu kapan akan dikabulkannya.
Allah SWT berfirman dalam QS. Ghafir ayat 60 yang artinya:

"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Mengenai hal tersebut, rupanya ada banyak hal loh yang bisa menyebabkan doa tidak terkabul, seperti dirangkum dari beberapa sumber pada Rabu (29/7/2020).
ADVERTISEMENT
1. Berdoa untuk yang tidak baik
Tentu saja, Allah SWT tidak akan mengabulkan doa hamba-Nya yang meminta sesuatu yang berupa doa maupun hal yang memutuskan tali silaturahmi.
"Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa." Seorang sahabat bertanya; 'Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? 'Rasulullah Saw menjawab: 'Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; 'Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan.' Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi." (HR.Muslim)
2. Berdoa dengan hati dan tidak ada keseriusan
Jika kalian berdoa dalam keadaan seperti itu, berarti tidak ada keseriusan atau kesungguh-sungguhan dengan apa yang diucapkan kepada Allah SWT, sama saja dengan mengucapkan hal yang tidak benar kepada-Nya.
ADVERTISEMENT
"Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai." (HR. Tirmidzi)
3. Tidak adanya keikhlasan
Selain kedua hal tersebut, tidak memiliki keikhlasan ketika berdoa bisa menjadi hal yang menyebabkan doa tak kunjung dikabulkan. Seperti firman Allah SWT dalam QS. Ghafir ayat 14 yang artinya:

"Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya)."

4. Mengaku mengenal Allah SWT, tapi tidak menjalankan kewajiban-Nya
Kita beragama Islam, tapi berdoa tanpa menjalani kewajiban-nya, seperti menunaikan salat lima waktu. Apa sikap ini baik?
Jadi, jika kalian sudah mengenal Allah SWT, seharusnya juga melaksanakan segala kewajiban dan menjauhi larangan sebagai umat-nya.
"(yaitu) hendaknya mereka beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, (Dan) tahukah engkau hak hamba terhadap Allah?” Mu’adz menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau SAW bersabda, “Dia tidak akan mengazab mereka." (HR. Bukhari dan Muslim)
ADVERTISEMENT
5. Berdoa, tapi tidak pandai bersyukur
Segala hal yang kalian miliki adalah milik Allah SWT. Semua yang kita punya, hanyalah titipan. Sebab, nikmat yang diberikan Allah SWT adalah hal yang patut disyukuri sekecil apa pun itu.
"Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka dia tidak akan mampu mensyukuri yang banyak." (HR Ahmad)
Jadi, ketika kalian berdoa kepada Allah SWT dalam segala hal, sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Inshaallah akan dikabulkan mesti kita semua tahu kapan doa tersebut akan dikabulkan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white