kumparan
search-gray
Woman27 Juli 2020 14:02

5 Amalan di Bulan Zulhijjah

Konten kiriman user
5 Amalan di Bulan Zulhijjah (615903)
Alquran. Foto: Pixabay
Umat Muslim telah memasuki bulan terakhir atau bulan ke-12 dalam penanggalan Islam yang di dalamnya memiliki banyak keutamaan. Memang sih, di setiap bulannya pasti ada keutamaan-keutamaan yang bisa kita lakukan untuk meraih keutamaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tapi, untuk bulan Zulhijjah, umat Muslim dianjurkan untuk lebih banyak amalan-amalan, seperti puasa, sedekah, dan menyantuni anak yatim. Kita semua juga tahu, kalau ibadah kurban adalah bentuk amalan yang hanya datang pada bulan Zulhijjah saja.
Dirangkum dari beberapa sumber pada Senin (27/7/2020), ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan di bulan Zuhijjah, apa saja itu?
1. Amalan yang semakin dicintai oleh Allah SWT
Memasuki hari sepuluh pertama bulan Zulhijjah, umat Muslim akan mendapatkan lebih banyak cinta dari Allah SWT jika memperbanyak membaca Alquran, bersedakah, melakukan salat sunah, zikir, beramal saleh, hingga berpuasa.
2. Puasa
Pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijjah, ada ibadah sunnah lebih tepatnya puasa sunah yang bisa dilakukan untuk meraih keutamaan di bulan ini, seperti melakukan puasa pada 1-9 Zulhijjah
ADVERTISEMENT
Melaksanakan salat sunah pada sembilan hari pertama bulan Zulhijjah rupanya adalah hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti dalil sahih mengenai syariat puasa yang diriwayatkan oleh istri-istri Nabi Muhammad SAW.
"Dari Hunaidah Ibn Khalid, dari istrinya, dari istri-istri Nabi, mereka berkata, Rasulullah biasa berpuasa sembilan hari di bulan Dzulhijjah, berpuasa di hari Asyura, berpuasa tiga hari di setiap bulannya, puasa Senin pertama dan juga hari Kamis di setiap bulannya." (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan Nasa'i.)
Dalam sembilan hari tersebut, ada 2 ibadah puasa sunah yang harus kamu ketahui, yakni puasa Tarwiyah (dilaksanakan pada 8 Zulhijjah) dan Puasa Arafah (dilaksanakan pada 9 Zulhijjah).
3. Haji
Ada amalan yang sangat penting dalam agama Islam dan masuk dalam rukun Islam yang ke-5, yakni ibadah haji.
ADVERTISEMENT
Pada hakikatnya, ibadah haji wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Jika mereka melaksanakan ibadah haji, maka ia akan menjadi tamu Allah SWT dan apabila hajinya mabrur, Allah SWT akan menjanjikan surga bagi mereka.
"Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga." (HR. Bukhari dan Muslim)
4. Ibadah kurban
Pada 10 Zulhijjah yang bertepatan pada 31 Juli 2020, seluruh umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Ibadah ini menjadi simbol bagi mereka yang menyisihkan sebagian harta yang dimiliki dalam bentuk hewan kurban untuk disembelih. Hewan kurban ini nantinya akan dibagi-bagikan kepada yang membutuhkan atau sesama umat dalam bentuk daging.
Dengan berkurban, berarti kamu telah meningkatkan ketakwaan kepada ALlah SWT, meningkatkan kepedulian sosial, menambah amal kebaikan, dan bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya.
ADVERTISEMENT
5. Perbanyak zikir
Di bulan ini pula, kita mengetahui adanya Hari Tasyrik. Hari di mana umat Muslim dilarang untuk berpuasa, tetapi dianjurkan untuk memperbanyak berzikir dan berbagi.
Hari Tasyrik sendiri akan jatuh pada 11, 12, 13 Zulhijjah atau 1, 2, 3 Agustus 2020.
"Hari-hari Mina adalah hari-hari makan, minum dan berdzikir kepada Allah." (HR. Muslim)
Dilansir dari beberapa sumber, Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan hari-hari Mina adalah tiga hari setelah Hari Raya Idul Adha, yakni hari Tasyrik.
Itulah lima amalan di bulan Zulhijjah. Semoga kita semua bisa melakukan amalan-amalan di tersebut, ya hijabers. Aamin.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white