Woman
·
19 September 2020 14:29

5 Manfaat jika Tertib Jalani Salat Subuh

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
5 Manfaat jika Tertib Jalani Salat Subuh (122094)
Wanita yang sedang melaksanakan salat. Foto: Shutterstock
Salat subuh termasuk salah satu ibadah wajib yang dilaksanakan di waktu subuh atau pagi hari sebelum matahari terbit. Biasanya, salat Subuh memang hal yang begitu berat dilakukan oleh umat Muslim lainnya. Padahal, terdapat banyak manfaat jika tertib dilakukan.
ADVERTISEMENT
Memang sih Hijabers, berat rasanya bangun pukul 04.00 WIB untuk menunaikan ibadah salat subuh. Apalagi baru tidur beberapa jam saja, wah... sudah pasti bangun jam segitu akan terasa berat. Namun, bagi kaum Muslim, melaksanakan salat Subuh hukumnya wajib karena termasuk dalam ibadah salat fardhu lima waktu.
Salat Subuh biasa terabaikan karena tidak disiplin untuk bangun pagi. Dilansir dari beberapa sumber pada Sabtu (19/9/2020), ada lima keutamaan jika kamu termasuk orang yang disiplin dalam mengerjakan salat Subuh.
1. Terbukanya pintu rezeki
Waktu pagi hari, tepatnya di saat matahari belum terbit, itu adalah wakti di mana para malaikat diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan rezeki kepada umat manusia.
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra, selepas salat Subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan, "Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara salat subuh dan terbitnya matahari." (HR. Al Mundziri)
ADVERTISEMENT
2. Mendapatkan ganjaran salat malam sepenuh waktu
Meski salat malam atau tahajud juga sulit dilakukan, tetapi dengan tertib melaksanakan salat Subuh berjamaah maka kamu akan mendapatkan pahala untuk melaksanakan salat malam sepenuh waktu.
"Barang siapa yang melakukan salat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang telah melakukan salat setengah malam. Barang siapa yang melaksanakan salat Subuh secara berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melaksanakan salat malam sepanjang waktu malam itu." (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)
3. Terhindar dari rasa malas
5 Manfaat jika Tertib Jalani Salat Subuh (122095)
Ilustrasi orang malas. Foto: Unsplash,com/elizabethlies
Terbiasa bangun pagi sekaligus mengerjakan salat Subuh, bukan hanya menunjang tingkat keimanan dan meraih pahala, tetapi juga memberikan kesehatan jasmani dan rohani. Dengan rutin melakukannya, tubuh akan terasa lebih bugar, penuh semangat, da dijauhi dari rasa malas.
ADVERTISEMENT
4. Diselamatkan dari panas api neraka
Beruntungnya kalian yang selalu rajin menjalani ibadah salat Subuh. Sebab, inshaallah mereka akan diselamatkan dari panas bara api neraka.
"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat Subuh) dan sholat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat Ashar)." (HR. Muslim no. 634)
5. Dijamin mendapatkan perlindungan oleh Allah SWT
Taat menjalani ibadah salat Subuh secara berjamaah, maka dia akan termasuk dalam jaminan dan diberikan perlindungan Allah SWT. Orang yang berani mencelakakan mereka, maka akan diberikan azab yang pedih oleh Allah SWT.
"Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian mereka akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka." (HR. Muslim)
ADVERTISEMENT
Nah, itulah lima manfaat atau keutamaan yang akan didapat jika umat Muslim tertib dalam menjalani salat Subuh. Wallahualam.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white