Mom
·
10 April 2021 11:49

6 Tips Antibosan Menjalani Ramadhan dengan Si Kecil

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
6 Tips Antibosan Menjalani Ramadhan dengan Si Kecil (72796)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@elgassier
Bulan Ramadhan adalah bulan terindah dalam setahun. Tapi, bagaimana dengan anak-anak kita? Sebagai orang tua, apakah kita mampu untuk menanamkan kecintaan pada Ramadhan untuk anak-anak?
ADVERTISEMENT
Merayakan bulan puasa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Selain diwajibkan untuk memperkenalkan Ramadhan kepada anak sedari dini, para orang tua harus mencari cara bagiaman Ramadhan dapat diterima oleh si anak dengan pendekatan yang tidak membosankan. Berikut enam tips antibosan menjalani Ramadhan dengan si kecil.

Menyambut Ramadhan di rumah

Kita tidak ingin menyambut Ramadhan dengan kekacauan. Sambut bulan yang indah ini di rumah dengan mendekorasi sudut rumah tertentu bernuansa bulan suci. Tambahkan pula karangan bunga dan lampu untuk tampilan lebih ceria dan berwarna.
Libatkan anak-anak dalam mendekorasi rumah selama Ramadhan agar mereka bersemangat dan menginspirasi mereka untuk mencintai Ramadhan sejak kecil.

Edukasi anak tentang bulan Ramadhan

Tanamkan kecintaan Ramadhan melalui media baca. Cerita anak tentang keutamaan bulan suci menjadi penyampaian yang sangat bagus untuk si kecil sebagai sarana perkenalan. Cara ini juga diharapkan ampuh untuk menumbuhkan kebiasaan membaca kepada anak. Bacakan cerita tentang Ramadhan sebelum buka puasa, selama akhir pekan, dan pada waktu senggang.
6 Tips Antibosan Menjalani Ramadhan dengan Si Kecil (72797)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@mhrezaa

Tetapkan tujuan Ramadhan anak

Mintalah anak-anak untuk menetapkan tujuan Ramadhan yang dapat dicapai bagi diri mereka sendiri. Tujuan yang dimaksud bisa sederhana, seperti menghafal doa kecil, membaca satu halaman Al-Quran setiap hari, ikut bangun sahur, membantu ibu dan ayah berbuka puasa, dll.
ADVERTISEMENT
Tujuan-tujuan di atas terdengar mudah dicapai, namun cukup berbeda dengan aktivitas sehari-hari. Beri mereka buku catatan atau agenda Ramadhan untuk menulis tujuan di awal bulan dan periksalah kemajuannya setiap hari.

Hitung mundur Ramadhan atau Lebaran

Menghitung mundur Ramadhan atau Lebaran adalah cara yang bagus untuk menyampaikan sisi spiritual kepada anak-anak. Tidak hanya itu, para orang tua juga dapat mengajari si kecil dengan berbagi suguhan kepada orang yang membutuhkan selama buka puasa atau mendorong mereka untuk melakukan perbuatan baik setiap hari.

Berbuka puasa bersama

Tak hanya berbuka puasa bersama, ajak si kecil untuk memasak menjelang Maghrib. Biarkan anak memilih satu atau dua menu untuk buka puasa, tentunya dengan bimbingan orang tua. Makanan menyatukan keluarga serta membantu ibu dan ayah memasak buka puasa akan meninggalkan kesan mendalam bagi anak.
ADVERTISEMENT

Isi waktu luang dengan melakukan kerajinan tangan

Seni dan kerajinan adalah alat belajar ampuh lainnya untuk anak. Kerajinan tangan nuansa Ramadhan adalah cara yang bagus untuk menghibur anak-anak dan membantu mereka belajar tentang bulan yang penuh berkah.
Coba mulai dengan menggambar masjid, simbol bulan dan bintang, ketupat, atau yang lainnya. Lakukan sesi mewarnai agar membuat karyanya terlihat ciamik. Seni melipat juga patut dicoba jika anak sudah cukup besar dan mampu.
6 Tips Antibosan Menjalani Ramadhan dengan Si Kecil (72798)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@sigmund