Entertainment
·
20 November 2020 17:20

Benarkah Orang Tua Tidak Ada yang Masuk Surga?

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Benarkah Orang Tua Tidak Ada yang Masuk Surga? (98010)
Ilustrasi orang tua. Foto: Unsplash.com/nickkarvounis
Setiap manusia yang hidup di dunia, pasti menginginkan surga sebagai tempat yang harus ditempati saat di akhirat kelak. Memang tidak mudah, mereka harus berlomba-lomba untuk selalu melakukan amalan dan ibadah serta menjadi orang yang taat kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Surga adalah tempat yang disiapkan oleh Allah SWT untuk setiap hamba-Nya yang taat. Tanpa mengenal usia, bayi, remaja, orang yang sudah dewasa, bagkan orang tua, siapa pun mengharapkan surga.
Tetapi, ada hal yang menarik untuk dibahas. Apakah benar orang tua tidak ada yang masuk surga?
Cukup menggelitik, namun penting untuk dibahas. Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa kedua orang tuanya sendiri berada di neraka seperti apa yang diriwayatkan Muslim, "Sesungguhnya, kedua orang tuamu dan orang tuaku ada di neraka."
Namun yang perlu diketahui, kedua orang tua Nabi Muhammad SAW hidup pada masa kevakuman nabi dan rasul, tepatnya pada pascameninggalnya Nabi Isa AS. Itu artinya, belum ada sosok yang berdakwah dan membimbing segenap umat.
ADVERTISEMENT
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 15 yang artinya:

"...Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul."

Salah satu kisah yang dianggap bahwa orang tua tidak ada di surga ada dalam sejarah yang dialami Nabi Muhammad SAW.
Pada suatu ketika, beliau kedatangan seorang wanita yang sudah tua renta. Ia bertanya kepada Nabi Muhammad SAW seraua mem=mohon untuk didoakan masuk ke surga,
'Ya Rasulullah, kami mohon agar kau berkenan mendoakan kamu supaya Allah memasukkan kami ke surga-Nya," tanya orang tua renta tersebut.
Rasulullah SAW menjawab, "Nek, di surga tidak ada nenek-nenek tua renta seperti Anda."
Wah, saat mendengar jawaban Nabi Muhammad SAW, nenek tersebut dibuat kalut. Ia pun pulang dengan deraian air mata dan isakan tangis.
ADVERTISEMENT
Tetapi, kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda kepada salah seorang sahabatnya untuk menyampaikan pesan kepada wanita tua renta tersebut.
"Tolong sampaikan kepadanya, dia tidak akan masuk surga sedang ia dalam keadaan masih tua renta."
Sebab, Allah SWT telah berfirman dalam QS. Al-Waqiah ayat 35-36 yang artinya:

"Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan."

Maka dapat disimpulkan bahwa, jika ada orang tua yang mendapatkan balasan surga, artinya sebelum ia masuk surga, ia akan dijadikan muda dan perawan lebih dahulu oleh Allah SWT baru kemudian dimasukkan ke dalam surga. Wallahu 'alam.