Woman
·
10 Juni 2021 15:00
·
waktu baca 3 menit

Dear Hijabers Karier, Begini Tips Bekerja Produktif

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Dear Hijabers Karier, Begini Tips Bekerja Produktif (30605)
Gambar ilustrasi wanita karier. Foto: Unsplash/@goodfacesagency
Menjadi fokus di tempat kerja merupakan kegiatan sehari-hari bagi siapa pun yang berkarier, tak terkecuali para wanita. Namun, sangatlah sulit jika kamu juga memiliki banyak hal yang harus dipikirkan, bahkan masalah di rumah. Tentunya, gangguan itu dapat menurunkan produktivitas kerja.
ADVERTISEMENT
Untungnya, ada solusi dari setiap masalah. Dalam hal ini, kamu harus melakukan perubahaan kebiasaan dan beberapa tips manajemen waktu untuk bekerja dan membantu kamu tetap disiplin dan teratur, meskipun kamu memiliki masalah lain di luar sana. Nah, berikut beberapa tips ampuh untuk wanita karier.

Mulai menyingkirkan hal-hal yang tak perlu

Beberapa berkata bahwa semua yang kita lakukan berasal dari pikiran. Jika pikiran kita sedang tidak baik, maka produktivitas bekerja akan berkurang. Jadi, bertindaklah profesional dan mulai singkirkan segala masalah sepele di dalam pikiran. Dengan begitu, kamu akan lebih berenergi dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien.

Membuat daftar tugas harian

Daftar tugas harian adalah suatu keharusan ketika kamu mencoba mengatur waktu di tempat kerja secara efisien. Bagaimana kalau mencoba membuat daftar tugas harian agar tidak lupa dan lebih terorganisir? Menjaga segala sesuatunya tetap teratur membantu kamu dapat mengendalikan pekerjaan dengan baik. Hal demikian akan mengantarkan kamu ke pada hasil yang memuaskan.
ADVERTISEMENT

Sisihkan waktu untuk memeriksa e-mail atau media sosial terkait pekerjaan

E-mail dan media sosial mungkin sangat penting bagi beberapa pekerjaan sebagai bentuk komunikasi dengan sesama rekan atau pelanggan perusahaan di mana tempat kamu bekerja. Jika kamu menerima lebih banyak pesan yang terlambat dan tak terlalu penting, tanggapi sisanya nanti atau keesokan harinya. Namun, jangan jadi alasan kesempatan ini untuk berselancar di media sosial pribadi.

Beristirahat secukupnya

Manusia bukanlah robot. Ada batas maksimal untuk melakukan pekerjaan. Idealnya para pekerja bekerja sekitar 8-9 jam satu hari, dan memiliki satu jam istirahat. Jadi, daripada sesekali teralihkan perhatiannya untuk mengobrol, lebih baik istirahatkan diri di sela-sela jam tersebut setelah salat dan makan siang.
Dear Hijabers Karier, Begini Tips Bekerja Produktif (30606)
Gambar ilustrasi meja kerja. Foto: Unsplash/@nickmorrison

Hindari panggilan telepon pribadi

Usahakan untuk menolak panggilan yang bersifat pribadi dan tak terlalu penting. Jangan sampai fokusmu dalam bekerja teralihkan oleh apa pun itu yang tak berkaitan dengan pekerjaan. Mungkin kamu bisa menonaktifkan handphone pribadimu selama jam kerja berlangsung.
ADVERTISEMENT

Mengatur waktu

Mengatur waktu pada setiap tugas dan menantang diri sendiri di tempat kerja adalah cara yang bagus untuk membuat diri tetap termotivasi, dan juga membantu mengatur waktu di tempat kerja secara efisien. Coba pikirkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan setiap tugas dan cobalah sebanyak mungkin untuk tetap melakukannya.

Sesi diskusi dan brainstroming

Brainstorming baik itu dilakukan sendiri atau dengan rekan kerja adalah cara yang bagus untuk membuat kamu bersemangat, bekerja secara kreatif dan merencanakan waktu secara bijak lebih dari yang kamu kira dapat lakukan. Sesi ini juga mengasah otak dan kemampuan agar tidak kehabisan ide-ide kreatif.

Lakukan hal yang membuat kamu lebih berkonsentrasi

Hal terbaik dari bekerja adalah berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Setiap orang memiliki cara untuk membuat dirinya berkonsentrasi. Ada yang selalu menyediakan teh atau kopi hangat di mejanya, camilan ringan, atau mendengarkan musik dengan earphone.
ADVERTISEMENT

Rencanakan untuk hari berikutnya

Poin ini adalah salah satu hal penting yang perlu diingat ketika mencari cara terbaik untuk mengatur waktu, sehingga pekerjaan lebih terorganisir dan selesai pada target yang telah kamu buat. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kalender online dan mencatat hal-hal atau target apa yang ingin kamu capai setiap harinya.
Dear Hijabers Karier, Begini Tips Bekerja Produktif (30607)
Gambar ilustrasi meja kerja. Foto: Unsplash/@sadswim