Woman
·
23 September 2020 14:45

Doa Memberhentikan Hujan dan Terhindar dari Musibah

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Doa Memberhentikan Hujan dan Terhindar dari Musibah (67260)
Ilustrasi hujan lebat. Foto: Pixabay
Hujan adalah bentuk rahmat dari Allah SWT yang patut disyukuri. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Namun, terkadang juga bisa menimbulkan musibah, seperti banjir.
ADVERTISEMENT
Beberapa hari lalu, tepatnya Senin (21/9/2020), hujan deras mengguyur di hampir seluruh wilayah di Jakarta dari sore hingga malam. Sejumlah ruas jalan di Jakarta pun banjir.
Hujan lebat yang bisa kapan saja terjadi, apalagi jika sudah memasuki musim penghujan, seperti biasa Jakarta maupun daerah-daerah lainnya harus mempersiapkan diri jika muncul genangan air ataupun banjir.
Dalam keadaan seperti ini, umat Islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT untuk memohon agar hujan tidak merusak. Di dalam doa ini pula, terselip harapan agar hujan lebat segera berhenti, tidak merusak, melainkan bermanfaat untuk alam sekitar.
Inilah doa yang bisa kamu panjatkan agar hujan segera berhenti dan tidak merusak sesuai dengan hadist riwayat Bukhari dan Muslim.
ADVERTISEMENT
Bismillahirrahmanirrahim
اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.
Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.
Sedangkan, ini adalah doa yang dapat dilafalkan untuk terhindar dari musibah, seperti yang diriwayatkan dalam hadist Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Utsman bin Affan ra.
Bismillahirrahmanirrahim
بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.
ADVERTISEMENT
Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
Itulah doa yang dapat kamu panjatkan agar hujan segera berhenti dan terhindar dari bencana.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white