kumparan
20 Okt 2018 19:02 WIB

Hijab Ladies Ingin Media Sosialnya Aman? Lakukan Ini

Sulit memang menghindari orang di media sosial. Apalagi beberapa perusahaan dan organisasi mewajibkan anggotanya memiliki media sosial agar memudahkan komunikasi demi tercapainya efektivitas kerja. Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa kita upayakan agar media sosial aman dari orang asing.
ADVERTISEMENT
Meski pada dasarnya dengan memiliki sejumlah akun tertentu membuat kita kehilangan privasi di dunia maya. Tidak jarang hal tersebut membuat kita mudah dicari hanya dengan menggunakan Google.
Gambar: Media Sosial | www.pexels.com via pixabay.com
1. Private
Ini cara paling mudah sebenarnya. Misalnya di Instagram, ketika kita mengaktifkan mode private otomatis mereka yang ingin memfollow akan ketahuan siapa saja.
2. Aktifkan pilihan “only me”
Pilihan ini bertujuan menghindari media sosial kita bisa difollow atau diadd oleh sembarang orang. Dengan mengaktifkan mode ini, orang lain tidak bisa menambahkan media sosial tanpa seizin pemilik akun.
3. Selektif memilih followers atau friends
Tidak semua followers harus kita konfirmasi. Terlebih jika akun berisi konten vulgar yang menambahkan kita sebagai teman. Ada baiknya kita memilih hanya orang yang dikenal saja untuk menjadi teman di media sosial.
Gambar: Muslimah dan Gadget | www.pexels.com by Ismail Salad Somalia
ADVERTISEMENT
4. Buat dua akun
Jika memang sangat ingin privasi buatlah dua akun. Satu untuk keluarga, satu lagi untuk urusan umum, seperti organisasi atau kampus sehingga jika keluarga melihat-lihat isi postingan, mereka hanya melihat sisi “aman” konten media sosial kita.
Kita tidak bisa mengendalikan setiap isi pikiran orang agar berprasangka sesuai keinginan kita. Oleh karena itu tidak ada salahnya menjaga hubungan baik selain di dunia nyata, juga di media sosial. Menjaga privasi adalah cara mudah menjaga isi media sosial agar tetap terawasi oleh kita.
SS
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan