kumparan
21 Okt 2018 3:53 WIB

Hijabians Ingin Gadget Awet Dipakai Bertahun-Tahun? Lakukan ini!

Beberapa orang merasa cukup menggunakan satu gadget selama bertahun-tahun dengan alasan tertentu.
ADVERTISEMENT
Misalnya sudah nyaman dengan aplikasi yang digunakan. Lamanya penggunaan gadget tergantung pada bagaimana pengguna mampu membatasi urusan berkomunikasi.
Gambar: Gadget | www.pexels.com by Lum3n.com
Hindari mengisi ulang baterai semalaman
Padatnya aktivitas yang membuat kita mudah lelah dan langsung tidur begitu sampai rumah tidak jarang berdampak pada pengisian daya baterai semalaman.
Sekali dua kali tidak mengapa. Namun, jika hal tersebut dilakukan berkala sama saja dengan mempersingkat umur baterai.
Jangan menggunakan gadget sampai batas minimum baterai
Inilah fungsinya notifikasi penggunaan minimum baterai. Jika pengunaan baterai sudah menyentuh 20% sebaiknya segera lakukan pengisian ulang atau matikan dulu untuk jaga-jaga saat harus digunakan darurat.
Mengisi baterai cukup sampai 80-90%
Pengisian baterai sebenarnya tidak perlu sampai penuh 100%. Cukup 80 atau 90% sudah cukup membuatmu aware bahwa baterai ideal tidak harus penuh. Bahkan jika terlalu lama charge akan berisiko pada overcharge
Gambar: Muslimah dan Gadgetnya | www.pexels.com by mentatdgt
ADVERTISEMENT
Hanya menggunakan powerbank saat darurat
Menggunakan powerbank memang menjadi solusi ketika tidak ada colokan listrik di sekitar kita. Namun, mengandalkan powerbank untuk aktivitas sehari-hari tidak baik bagi umur baterai. Gunakan powerbank hanya di saat benar-benar darurat.
Cek RAM dan ROM secara berkala
Singkatnya RAM berfungsi untuk memuat daya memori saat terhubung dengan internet. Sementara ROM berfungsi menjadi penyimpanan offline. Keduanya memeran fungsi sama pentingnya untuk aktivitas sehari-hari.
Hati-hati saat RAM atau ROM sudah mendekati kapasitas penyimpanan maksimal karena akan berdampak buruk pada kelancaran aplikasi.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan