Woman13 September 2020 17:11

Hukuman Bagi Mereka yang Lalai dalam Mengerjakan Salat Fardu

Konten kiriman user
Hukuman Bagi Mereka yang Lalai dalam Mengerjakan Salat Fardu (211518)
Ilustrasi salat berjamaah. Foto: Unsplash.com/leviclancy
Salat fardu lima waktu adalah ibadah wajib yang harus dijalani semua umat Muslim. Ini adalah ibadah yang agung dan penting untuk senantiasa dijaga.
ADVERTISEMENT
Salat termasuk dalam rukun iman yang ke-2 yang terdiri dari salat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Di dalam Al-Quran pun dijelaskan bahwa umat Islam wajib mendirikan salat lima waktu.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 43 yang artinya:

"Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'."

Bahkan, Nabi Muhammad SAW pun menegaskan kewajiban setiap Muslim untuk menjalankan salat lima waktu. Dalam Al-Quran pada surat lainnya pun menerangkan kewajiban untuk menunaikan salat wajib.
Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa auat 103 yang artinya:

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

ADVERTISEMENT
Namun, jika melihat di waktu sekarang rupanya masih saja banyak orang yang mengaku Islam, namun enggan melaksanakan salat lima waktu tersebut. Sebagai contoh, hanya melakukan 2 kali salat fardu atau tidak penuh melaksanakannya sebanyak lima waktu. Padahal, Allah SWT telah memberikan jarak atau jeda antara salat fardu lainnya dan mengerjakannya pun tidak membutuhkan waktu lama. Tapi, kenapa masih saja banyak yang tidak menunaikan ibadah salat lima waktu?
Dalam Al-Quran, meninggalkan salat wajib lima waktu dengan sengaja sudah jelas hukumnya dosa. Bahkan, beberapa ulama pun menyebutnya dengan kafir. Sebab, salat lah yang membedakan antara orang Muslim dengan kafir.
Allah berfirman dalam QS. Ar-Rum ayat 31 yang artinya:

"Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah salat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah."

ADVERTISEMENT
Mereka yang meninggalkan salat, berarti akan mendapatkan dosa yang teramat besar. Lebih besar dari pada dosa membunuh satu jiwa yang tidak halal untuk dibunuh bahkan berzina. Meninggalkan salat pula, menjadi tanda bahwa mereka siap berhadapan dengan hukuman Allah SWT dan segala bentuk kemurkaan-Nya.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Muddatstsir ayat 42-43 yang artinya:

"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat."

Sekarang kalian sudah tahu kan apa yang akan diterima jika lalai dalam mengerjakan salat wajib lima waktu. Jadi, jangan sampai meninggalkan salat fardu tersebut ya jika tidak mau masuk neraka saqar. Siksaan pedih akan kamu dapati jika lalai mengerjalan salat fardhu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white