kumparan
23 Okt 2018 19:29 WIB

Inilah Yang Kamu Ucapkan Ketika Orang Lain Berbuat Baik Kepadamu

Assalamu’alaikum ukhti, pernahkah kamu mendengar kalimat “Jazakallah khairan” dari temanmu saat kamu melakukan sesuatu untuk mereka tetapi kamu tidak tau apa artinya? Yuk simak penjelasan berikut agar kamu juga bisa ikut mempraktekannya.
Ketika seseorang menolong kita hendaklah kita mensyukurinya (foto: Pixabay)
ADVERTISEMENT
Arti dari Jazakallahu Khairan adalah Semoga Allah Membalasmu dengan Kebaikan. Kalimat Jazakallah khairan digunakan sebagai bentuk rasa Terima Kasih seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya yang telah melakukan suatu kebaikan.
عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ
Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al jami’, no. 6368.
Foto : Pixabay
Lalu bagaimana cara menjawabnya? Tidak ada dalil atau hadits dari Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang cara menjawab ucapan Jazakallah Khairan, Namun beberapa Ulama memberikan pendapat tentang jawaban dari ucapan ini. Diantaranya dengan menjawab Waiyyaka (untuk laki-laki), Waiyyaki (untuk perempuan), Waiyyakum (jamak) (sesuai lawan bicara) yang memiliki arti Dan kepadamu juga atau Dan kepada kalian juga. Atau mengatakan Jawaban Jazakallahu Khairan adalah dengan mengucapkan kembali ucapan tersebut akan lebih diunggulkan. Wallahu a’lam
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan