Woman
·
18 September 2020 10:25

Kemuliaan dari Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Kemuliaan dari Memaafkan Kesalahan Orang Lain (66440)
Ilustrasi memaafkan kesalahan orang lain. Foto: Unsplash.com/gusmoretta
Memaafkan kesalahan orang lain dapat menambah kemuliaan bagi si pemaaf. Dalam menjalani kehidupan, pasti setiap manusia pernah melakukan kesalahan. Namun, jika ada seseorang yang memiliki kesalahan kepada kita, memaafkan biasanya menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.
ADVERTISEMENT
Di dalam ajaran Islam, setiap umat manusia ditekankan untuk senantiasa mengedepankan sikap memaafkan atas kesalahan dan menjalani hubungan sosial kepada sesama secara baik, termasuk ketika sedang terjadi perselisihan. Pun mengajarkan umatnya untuk memaafkan dengan penuh kelapangan hati.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 10 yang artinya:

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Memaafkan apalagi melupakan kesalahan orang lain kepada kita memang tidak mudah. Tapi, sebagai manusia biasa pula sudah seharusnya kita tumbuh menjadi pribadi yang bisa memaafkan kesalahan seseorang dengan ikhlas, mau sebesar apa pun kesalahan itu. Sebab, kalian akan mendapatkan balasan yang luar biasa dari Sang Pencipta.
ADVERTISEMENT
Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa memaafkan saat ia mampu membalas, maka Allah akan memberinya maaf pada hari kesulitan." (HR Ath-Thabrani)
Memaafkan adalah akhlak mulia sebagai indikasi karakter bagi orang bertakwa. Allah SWT pun akan mengapresiasi setiap manusia yang mampu memaafkan kesalahan orang lain dengan penuh keikhlasan dan kebesaran jiwa.
Allah SWT berfirman dalam QS. Ali-Imran ayat 134 yang artinya:

"(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

Untuk itu, setiap manusia yang mampu memaafkan orang lain maka ia telah menambahkan kemuliaan hati untuk dirinya sendiri. Dengan memaafkan, derajatmu aan lebih terhormat dan menjadi orang yang mudah respect terhadap diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Allah SWT berfirman dalam QS. Asy-Syura ayat 43 yang artinya:

"Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan."

Maka dari itu, meskipun memaafkan terkadang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi dengan memaafkan pula kemuliaan dan derajat si pemaaf akan dinaikkan.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white