Woman
·
18 September 2020 15:49

Keutamaan Berwudu Sebelum Tidur

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Keutamaan Berwudu Sebelum Tidur (14636)
Ilustrasi tidur. Foto: Unsplash.com/kalegin
Ada banyak keutamaan yang didapat saat bersuci atau berwudu sebelum tidur. berwudu sebelum tidur memang disunnahkan seperti apa yang menjadi kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu melakukan hal ini yang rupanya juga memiliki banyak manfaat luar biasa. salah satunya agar tidur menjadi lebih tenang.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya dilakukan sebelum salat, melakukan wudu sebelum membaca Al-Quran maupun tidur memang dianjurkan. Sebab, berwudu dapat dikatakan sebagai pintu masuk dalam beribadah.
Wudu hukumnya wajib jika hendak melaksanakan salat, tawaf, i'tikaf, dan membaca Al-Quran.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Maidah ayat 6 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur."

ADVERTISEMENT
Berwudu sebelum tidur memang disunnahkan dengan tujuan agar setiap umat Islam yang dalam kondisi suci, meskipun saat tidur sekaligus agar terhindar dari mimpi buruk.
"Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudulah sebagaimana wudumu untuk salat." (HR. Al Bukhari No. 6311 dan Muslim No. 2710)
Allah SWT akan memberikan cahaya pada setiap anggota tubuh yang dikenakan wudu pada saat hari kiamat.
"Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: "Tentu wahai Rasulullah." Rasulullah berkata: "Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka." (HR. Mslim)
ADVERTISEMENT
Bahkan, mereka pun akan didoakan oleh malaikat seperti yang dijelaskan dalam hadist berikut.
Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hambamu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'". (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra)
Begitulah keutamaan bagi mereka yang selalu berwudu sebelum tidur. Semoga kita bisa menerapkan kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ini ya dalam sehari-hari. Aamin.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white