Food & Travel
·
9 Juni 2021 16:26
·
waktu baca 3 menit

Keutamaan Madu, Rahasia Hidup Bugar Rasulullah SAW

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Keutamaan Madu, Rahasia Hidup Bugar Rasulullah SAW (332315)
Gambar ilustrasi madu. Foto: Unsplash/@alexandermils
Kita semua telah mendengar manfaat dari madu. Madu memiliki banyak manfaat untuk manusia. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengatakan kepada para pengikutnya bahwa "terdapat dua obat untuk kamu: Al-Quran dan madu".
ADVERTISEMENT
Ada beberapa penyebutan tentang madu di dalam Al-Quran, serta oleh Nabi kita tercinta Muhammad SAW tentang pentingnya madu. Al-Quran menyatakan:

"...Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir". (QS. An-Nahl ayat 69)

"Madu adalah obat untuk segala penyakit dan Al-Qur’an adalah obat untuk semua penyakit pikiran, oleh karena itu aku anjurkan kepada kalian berdua, Al-Quran dan madu". (Sahih Bukhari)

Diriwwayatkan oleh Bukhori, ketika seseorang datang kepada Nabi dan mengatakan bahwa saudaranya sedang mengalami gangguan perut. Lantas, Rasulullah SAW menyuruhnya untuk meminum madu.
Pria itu pergi dan datang kembali kepada Nabi Muhammad SAW selama tiga kali dan melaporkan bahwa saudaranya telah meminum madu namun tak kunjung membaik. Namun, Nabi SAW mengetahui saudaranya tidak meminum madu. Maka, dia menyuruhnya untuk yang ke-4 kali. Sang pasien pun akhirnya memenuhi syarat tersebut, dan pada akhirnya sembuh.
ADVERTISEMENT
Tak hanya ia merekomendasikan kepada orang yang sakit, Nabi SAW sendiri pun rutin mengonsumsi madu setiap hari. Madu merupakan kunci hidup sehat Nabi Muhammad SAW. Dia mencampur 2 sdm madu dengan sedikit air hangat.
Faktanya, madu terdiri dari 17-20 persen air, 76-80 persen glukosa, dan garam mineral. Dilansir dari situs Islamic Finder, madu menawarkan berbagai keunggulan dan mengatasi beberapa masalah yang tercantum sebagai berikut:
Keutamaan Madu, Rahasia Hidup Bugar Rasulullah SAW (332316)
Gambar ilustrasi madu. Foto: Unsplash/@arwinneil

Obat batuk

Obat rumahan untuk mengobati batuk adalah campuran madu dan jus lemon pada secangkir air hangat. Satu sendok makan madu mentah, 2-3 kali sehari, bisa mengendalikan batuk. Madu terbaik untuk pengobatan batuk adalah madu soba.

Perawatan untuk luka

Luka dapat timbul akibat dari benturan antara tubuh dan sesuatu yang keras. Beberapa obat memang mudah ditemukan di apotek untuk mengatasi luka. Namun, madu mengandung sebagian kecil senyawa, seperti hidrogen peroksida dan metilglioksal. Zat-zat tersebut terbukti dapat meredakan luka yang dialami oleh manusia.
ADVERTISEMENT

Pengobatan infeksi mata

Mata kamu sangat sensitif dan mudah gatal? Jika kamu sering dilanda infeksi mata seperti mata merah, cukup campurkan madu dengan air sebagai obat-obatan rumah. Lalu, oleskan ke mata sebanyak dua kali sehari. Cara ini dapat membantu mengurangi infeksi.

Sifat antibakteri

Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sifat antibakteri lebih efektif jika mencampur madu dengan air. Campuran tersebut adalah obat mujarab untuk kulit kering, gatal, dan terbakar. Madu juga membantu dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat wajah dan tubuh.

Kaya akan antioksidan

Dosis harian madu mentah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kombinasi antioksidan seperti fenol, enzim, dan flavonoid dalam aliran darah. Antioksidan dapat mengurangi risiko serangan jantung dan beberapa jenis kanker. Semakin gelap madu mentah, semakin banyak antioksidan yang dimilikinya.
ADVERTISEMENT

Pemanis alternatif

Hindari gula putih olahan kapan pun kamu bisa. Gantilah madu sebagai pemanis. Selain jauh lebih sehat, madu diketahui juga dapat menurunkan LDL Kolesterol, trigliserida, dan peradangan.

Madu untuk perawatan kulit

Campuran susu dan madu telah digunakan oleh banyak budaya untuk mendapatkan kulit yang indah dan bercahaya. Campurkan 1 sdm madu dengan 1 sdm susu, lalu oleskan ke wajah setiap hari. Bilaslah setelah didiamkan selama kurang lebih 10 menit.
Keutamaan Madu, Rahasia Hidup Bugar Rasulullah SAW (332317)
Gambar ilustrasi madu. Foto: Unsplash/@picoftasty