kumparan
20 Oktober 2018 10:15

Kompetisi Karir Dimulai, Segera Siapkan Diri Untuk Berbagai Tes Ini Hijab Ladies!

Berhijab tidak menghalangi muslimah untuk berkarir di zaman serba modern seperti saat ini. Justru dengan bekal kemuslimahan sedari kecil seharusnya kita bisa selangkah lebih giat karena terbiasa membekali diri dengan sejumlah keahlian seperti memahami pelajaran agama saat masa-masa mengaji dulu.
ADVERTISEMENT
Menjelang karir kita di dunia kerja ada beberapa tes yang diujikan namun tidak kita pelajari secara formal di pendidikan semasa sekolah. Dari mulai tes calon pegawai negeri sipil sampai tes kenaikan jabatan memiliki syarat kemampuan yang tidak terduga. Untuk mempersiapkan hal tersebut, sebaiknya mulailah pelajari dari sekarang.
Gambar: Serius Mempelajari | www.pexels.com by mentatdgt
TPA
Beberapa waktu lalu masyarakat diramaikan dengan tes calon pegawai negeri sipil. Pada beberapa persyaratan menjadi PNS (pegawai negeri sipil) terdapat uji TPA BAPENNAS. Tidak kita pelajari secara khusus memang, tetapi buku untuk mempelajari bermacam TPA tersedia di toko buku lengkap dengan soal latihan dan jawaban.
TOEFL
Sebenarnya TOEFL bisa kita pelajari dengan mengambil kursus bahasa secara khusus. Namun, apakah kita memiliki waktu dan dana cukup untuk kursus TOEFL? Mengakali hal tersebut, buku tes TOEFL juga banyak tersedia di toko buku. Selain buku latihan tes TOEFL, kamus saku bisa berguna untuk penambahan kosakata.
ADVERTISEMENT
Bahasa setempat
Bahasa menjadi alat komunikasi terpenting ketika bekerja. Bagi kamu warga lokal asli tidak sulit mempelajari bahasa lokal. Tetapi, jika kita warga pendatang mulailah dengan salam berbahasa lokal atau mempelajari dialeg bahasa setempat.
Beruntunglah kamu hijab ladies yang sedari kecil sudah dibekali kemampuan berbahasa asing seperti Bahasa Arab yang erat dengan penggunaan bahasa keagamaan. Memiliki kemampuan Bahasa Arab bisa membuatmu cepat berinteraksi dengan tokoh agama di tengah masyarakat.
Psikotes
Sudah bukan rahasia umum jika psikotes memakan waktu berjam-jam dan menguras otak. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan psikotes saat pertama kali menjalaninya akan sakit kepala. Mengadapi psikotes manfaatkanlah tawaran menjadi peserta tes dari mahasiswa psikologi.
Gambar: Muslimah Beribadah | www.pexels.com by rawpixel.com
ADVERTISEMENT
Hafalan kitab suci
Lagi-lagi berhubungan dengan didikan agama sedari kecil. Terutama institusi berbasis keagamaan, hafalan kitab suci seringkali menjadi syarat yang diutamakan. Ini tidak terlalu menjadi masalah jika kita menerapkannya sehari-hari.
Disadari atau tidak, semua materi tersebut nantinya berguna bagi kita sendiri saat lolos tes karena penerapannya langsung kita rasakan di lapangan. Misalnya saat membangun komunikasi dengan masyarakat luas atau saat memahami pendapat orang banyak mengenai keagamaan.
SS
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan