Woman
·
23 April 2021 14:35

Manfaat Meditasi Selama Bulan Ramadhan

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Manfaat Meditasi Selama Bulan Ramadhan (213486)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@sagefriedman
Gaya hidup sehat sedang menggaung di kalangan anak muda. Terdapat berbagai macam jenis aktivitas kebugaran yang bisa kita lakukan, seperti salah satu yang populer adalah yoga atau meditasi. Manfaat meditasi terhitung banyak, seperti membangun keterampilan untuk mengelola stres, mengurangi emosi negatif, hingga meningkatkan kesadaran diri.
ADVERTISEMENT
Seorang instruktur yoga bernama Amira Osman meluncurkan program meditasi selama empat minggu pada bulan Ramadhan. Program tersebut mencakup latihan pernapasan, yin yoga, dan panduan lainnya. Dia juga membagikan manfaat ekstra yang didapat dari melakukan meditasi di bulan suci.

Pertama, terbiasa dengan rutinitas baru di bulan Ramadhan

Meskipun setiap hari adalah hari yang tepat untuk berolahraga, melakukan aktivitas fisik di bulan Ramadhan memiliki tantangan tersendiri. Banyak orang cenderung mengembangkan kebiasaan baru, seperti mengatur pola makan setelah berbuka agar olahraganya tidak sia-sia.

Manfaat ilmiah meditasi pada bulan Ramadhan

Ada begitu banyak manfaat ilmiah dari bermeditasi dengan perut kosong. Satu yang paling menonjol adalah konsentrasi lebih bekerja dengan sedikit rasa lapar. Selain itu, sistem saraf parasimpatis alias respons istirahat dan cerna, membuat kita cenderung untuk lebih tenang "istirahat" daripada pikiran untuk "mencerna" atau makan. Pada dasarnya, energi kita tidak akan digunakan untuk memproses makanan, justru tubuh mengaktifkan fungsi penyembuhan alami.
Manfaat Meditasi Selama Bulan Ramadhan (213487)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@carlnewton

Apa yang bisa diharapkan dari bermeditasi pada bulan Ramadhan?

Seperti yang disinggung sebelumnya manfaat dari bermeditasi dapat berupa mengelola stres dan mengurangi emosi negatif. Apakah kamu sering naik pitam saat berpuasa? Nah, tujuan dari melakukan meditasi adalah mengubah semua energi itu menjadi begitu banyak cinta dan kasih sayang.
ADVERTISEMENT

Bagaimana meditasi memengaruhi hidup

Banyak orang yang merasakan manfaat dari meditasi. Amira Osman sendiri mengaku semenjak dia melakukannya, dia menjadi jauh lebih tenang dan jauh lebih toleran. Dia menambahkan dengan bermeditasi seseorang menjadi lebih hidup dan menghargai kasih sayang dari orang-orang sekitarnya.

Sulitkah bermeditasi saat bulan Ramadhan?

Kebanyakan orang merasa sulit untuk bermeditasi secara umum. Namun, Amira tidak mengatakan demikian. Dia biasanya menganjurkan orang untuk bermeditasi saat perut kosong, sehingga tidak membuat banyak perbedaan di bulan Ramadhan.

Berapa lama waktu bagi seseorang untuk merasakan manfaat meditasi?

Amira meyakinkan bahwa hal ini berbeda dari satu orang ke orang lain dan itu tergantung pada banyak faktor termasuk teknik atau pendekatan yang digunakan. Namun, dia memperkirakan jika seseorang sudah menerapkan meditasi sebagai kebiasaan, maka mereka akan merasakan pikiran jauh lebih jernih dalam kurun waktu tiga bulan atau kurang.
Manfaat Meditasi Selama Bulan Ramadhan (213488)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@nkuutz