Pencarian populer
USER STORY
19 Agustus 2018 11:39 WIB
1
0

Memilih Laki-Laki Sebagai Pendamping Hidup

Assalamualaikum sahabat hijab, mencintai seorang adalah suatu anugrah yang Allah berikan kepada setiap makhluknya. Perasaan cinta sebenarnya tidak pernah salah, namun terkadang justru sikap kita dibutakan oleh cintalah yang menyebabkan kesalahan. Sebelum menikah, seorang wanita harus mampu menjaga kehormatan dan martabat keluarganya, karena hal itu adalah suatu nilai yang sangat berharga. Untuk memilih pendamping hidup pun seorang wanita harus mempunyai kriteria karena pada dasarnya Islam sudah memuliakan wanita. Namun kriteria tersebut juga harus diimbangi si wanita agar terus memperbaiki diri. Karena laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik. Berikut ini adalah adalah kriteria yang bisa sahabat jadikan pertimbangan dalam memilih pendamping hidup :

Foto Pernikahan Muzammil dan Sonia | Instagram @benzoitubenjo

1. Laki-Laki Yang Taat Beribadah

Kriteria pertama dalam memilih pendamping hidup adalah laki-laki yang taat beribadah. Karena dengan memilih laki-laki yang taat beribadah maka ia akan senantiasa membimbing kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seperti yang di sebutkan dalam hadits Nabi Muhammmad SAW yang artinya :

“Bila datang seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya, hendaklah kamu nikahkan dia, karena kalau engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas.” (H.R. Tirmidzi dan Ahmad).

2. Berasal Dari Keluarga Baik-Baik

Kriteria yang kedua adalah seorang laki-laki yang berasal dari keluarga baik-baik. Bukan hanya laki-laki yang menginginkan hal itu namun seorang wanita pun pastilah menginginkan hal tersebut. Lingkungan keluarga biasanya akan mencerminkan bagaimana kepribadian seseorang. Oleh karena itu sebelum memilih pendamping hidup cobalah untuk mengetahui bagaimana kehidupan keluarganya atau kamu bisa mencoba untuk mengakrabkan diri dengan keluarganya terlebih dahulu.

3. Taat Dan Santun Kepada Kedua Orang Tuanya

Kriteria yang ke tiga adalah seorang laki-laki yang taat dan santun kepada kedua orang tua. Karena hal ini bisa menunjukkan bagaimana nantinya kepribadian seorang laki-laki setelah berumah tangga denganmu. Apabila iya taat dan santun kepada kedua orang tua nya khususnya Ibunya maka dapat di pastikan bahwa laki-laki tersebut akan menghormatimu dan menyayangimu seperti ibunya sendiri. Serperti yang disebutkan dalam hadits Nabi Muhammmad SAW yang artinya :

“Dari Mu’awiyah bin Jahimah, sesungguhnya Jahimah berkata: “Saya datang kepada Nabi SAW untuk meminta izin kepada beliau guna pergi berjihad, namun Nabi SAW bertanya: “Apakah kamu masih punya Ibu-Bapak (yang tidak bisa mengurus dirinya)?”. Saya menjawab: “Masih”. Beliau bersabda: “Uruslah mereka, karena surga ada di bawah telapak kaki mereka.”” (H.R. Thabarani, adapun ini adalah hadits Hasan (baik)).

“Dari Ibnu Umar RA, ujarnya: “Rasulullah SAW bersabda: “Berbaktilah kepada orang tua kalian, niscaya kelak anak-anak kalian berbakti kepada kalian; dan periharalah kehormatan (istri-istri orang), niscaya kehormatan istri-istri kalian terpelihara.”” (H.R. Thabarani, adapun ini adalah hadits Hasan).

4. Mandiri Dalam Ekonomi

Kriteria yang keempat adalah seorang laki-laki yang mandiri dalam ekonomi. Maksud dari mandiri dalam berekonomi adalah seorang laki-laki yang sudah memiliki penghasilan sendiri dan tiidak bergantung kepada kedua orang tuanya. Karena sejatinya bahwa seorang laki-laki akan menghidupi istri dan anak-anaknya namun bagaimana seorang laki-laki bisa menghidupi keluarganya apabila masih menggantung hidupnya pada kedua orang tua. Yang perlu ditekankan adalah tidak perlu kaya namun mandiri dalam ekonomi, karena saat kita berbicara tentang materi manusia tidak akan pernah merasa cukup.

5. Berjiwa Pemimpin

Kriteria yang kelima adalah seorang laki-laki berjiwa pemimpin. Seperti yang di syariatkan dalam Islam bahwa seorang insan harus bisa menjadi seorang khalifah minimal untuk dirinya sendiri. Sama halnya dalam berumah tangga, jiwa kepemimpinan ini sangat dibutuhkan karena nantinya seorang suami akan memimpin istri dan anak-anaknya untuk mencapai ridho Allah SWT. Jadi pilihkan seorang laki-laki yang mempunyai jiwa kepemimpinan ya sahabat.

6. Bertanggung Jawab

Kriteria yang keenam adalah memiliki tanggung jawab. Sebagai contoh seorang suam yang bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan anak-anaknya. Tidak hanya kebutuhan hidup saja yang harus dipenuhi tapi bertanggung jawab untuk membahagiakan istri dan anak-anak serta keturunannya selanjutnya.

7. Berperilaku Lemah Lembut

Kriteria yang ketujuh adalah seorang laki-laki yang berperilaku lemah lembut. Karena bagaimana pun kodrat seorang wanita selalu ingin diperhatikan dan di manja oleh seorang laki-laki yang ia cintai. Setinggi apapun karir seorang wanita dan semandiri apapun wanita, ia tetaplah seseorang yang membutuhkan bahu untuk bersandar di kala letih dan sedih. Lemah lembut disini bukan hanya dalam bersikap namun kepribadian pula seperti bagaimana menyenangkan hati wanita, mengontrol emosi, dan tidak berlaku kasar kepada istri dan anak-anaknya.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23