Sederet Trik Kecantikan Paling mengerikan, Terlalu Menyeramkan Untuk Dicoba!

All about hijab.
Konten dari Pengguna
12 Mei 2022 15:31
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sederet Trik Kecantikan Paling mengerikan, Terlalu Menyeramkan Untuk Dicoba! (43058)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi merawat kecantikan kulit. Foto: Shutterstock
Menjaga kecantikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, bahkan dengan perawatan yang paling mengerikan sekalipun. Perilaku menjaga kecantikan dengan berbagai perawatan kulit memang sudah dilakukan sejak zaman dahulu.
ADVERTISEMENT
Meskipun dianggap mengerikan, sebagian wanita rela untuk melakukannya agar tetap tampil cantik. Tak heran pula, mereka rela membayar mahal perawatan kecantikan tersebut.
Apa saja sih perawatan kecantikan yang paling mengerikan tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan tentang perawatan kecantikan paling mengerikan di sini, yuk!
1. Menggunakan krim wajah radioaktif
Sederet Trik Kecantikan Paling mengerikan, Terlalu Menyeramkan Untuk Dicoba! (43059)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengenakan krim wajah. Foto: Shutterstock
Di Prancis, ada sebuah produk kecantikan yang diluncurkan dan bekerja sama dengan seorang dokter dan peneliti radioaktif terkenal. Produk kecantikan berbahan radiasi ini mengandung thorium klorida dan radium bromida. Bahkan, produk ini menjadi populer di sana.
Dalam iklan pemasaran produk kecantikan tersebut mengklain kalau formula radioaktif dapat merangsang vitaliitas seluler, menyembuhkan jerawat dan bisul, mengencangkan kulit, menghapus kerutan, menghentikan penuaan, meratakan kemerahan dan pigmentasi, hingga dapat membantu kesegaran dan kecerahan kulit. Dengan isi iklan tersebut, siapa yang tidak tertarik untuk melakukan perawatan kecantikan tersebut, bukan?
ADVERTISEMENT
2. Makan cacing pita
Pada awal 1900, wanita gemuk tidak lagi dianggap cantik. Wanita gemuk pada zaman itu diharuskan untuk memiliki badan yang langsing dan lekuk tubuh agar dianggap cantik. Dari alasan itulah tercipta metode ekstrem untuk tetap menjaga kecantikannya dengan mengonsumsi cacing pita.
Metode ini dianggap dapat menurunkan berat badan dengan cara yang berbahaya. Bagaimana tidak, cacing pita adalah parasit yang dapat merusak hati. Tetapi pada tahun itu pula, metode kecantikan ini masih dianggap aman, bahkan diiklankan besar-besaran.
3. Menutupi bekas luka dengan bedak timbal
Sederet Trik Kecantikan Paling mengerikan, Terlalu Menyeramkan Untuk Dicoba! (43060)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menutupi bekas luka. Foto: dok.Shutterstock
Pada 1700-an, wabah cacar masih secara masif terjadi. Bekas cacar yang ada pada tubuh membuat orang-orang pada zaman itu terganggu dan tampil tidak pede. Untuk menutupi bekas cacar di tubuh mereka, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan bedak timbal yang dapat digunakan oleh wanita maupun pria.
ADVERTISEMENT
Bedak timbal terbilang cukup murah karena dapat menutupi bekas muka dengan sempurna, bahkan memberikan efek halus pada kulit. Namun sayangnya, bahan timbal yang begitu beracun menyebabkan radang mata, pembusukan gigi, dan kebotakan. Pun kian lama kulit menjadi menghitam.
4. Korset magnet
Memiliki bentuk tubuh bak jam pasir merupakan hal yang dianggap cantik dan seksi di masa 1890-an. Memiliki tubuh berisi, dada penuh, dan pinggul besar memang menjadi tubuh idaman di masa itu. Maka tidak heran kalau korset adalah benda wajib untuk dipakai setiap hari. Tapi, korset di masa kini dengan masa lalu sungguh berbeda.
Korset masa lalu yang sangat menyiksa digunakan untuk mempercepat bentuk tubuh ala jam pasir. Kemudian, terciptalah korset magnet. Korset ini menjanjikan bentuk tubuh sempurna, anggun, dan elegan, tapi sangat menyiksa karena dapat berpotensi merusak organ dalam di bagian dada dan perut.
ADVERTISEMENT
5. Mengonsumsi arsenik
Sederet Trik Kecantikan Paling mengerikan, Terlalu Menyeramkan Untuk Dicoba! (43061)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengonsumsi arsenik. Foto: dok.shutterstock
Trik kecantikan paling mengerikan yang terakhir adalah mengonsumsi arsenik untuk mendapatkan penampilan yang sempurna.
Arsenik merupakan senyawa kimia alami yang berada di dalam kerak bumi, sehingga dapat ditemukan dalam air, udara, dan tanah. Senyawa ini sulit sekali dideteksi, sebab tidak berbau, berwarna, dan tidak memiliki rasa saat ditelan. Makanya, perlu hari-hati mengonsumsi makanan karena arsenik dalam mengakibatkan keracunan jika dikonsumsi.
Akan tetapi, pada abad ke-19, terdapat tren kecantikan dengan mengonsumsi arsenik. Pada saat itu, mengonsumsi arsenik dipercaya mampu menghasilkan kulit yang mekar, mata cemerlang, dan bentuk tubuh menarik.
Itulah deretan trik kecantikan paling mengerikan di sepanjang sejarah. Menurutmu, mana yang paling mengerikan?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020