Food & Travel
·
18 Mei 2021 16:10

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Islam bukan hanya sekadar agama, tetapi juga memandu manusia untuk melaksanakan perintah Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Komponen paling mencolok dari adab makan dan minum yang dilakukan oleh orang Islam adalah hidangan halal. Itu berarti apa yang kita konsumsi harus sesuai dengan syariat Islam.
ADVERTISEMENT
Umat Islam didorong untuk hidup sehat agar tetap bugar secara fisik dan mental. Beberapa makanan sebenarnya disebutkan dalam kitab suci Al-Quran dan bahkan dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW dalam kesehariannya. Jika kamu ingin memperbaiki pola makan, cobalah mengonsumsi makanan dan minuman sunah ini yang memiliki nilai gizi dan spiritual.

Kurma

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi (153198)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi buah kurma. Foto: Unsplash/@molnj
Kurma sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tak hanya bulan Ramadhan, kurma selalu tersedia di pasaran sepanjang tahun. Buah manis ini menawarkan sumber vitamin dan mineral yang tinggi. Kurma sangat bergizi, sehingga Nabi Muhammad SAW pun dikisahkan biasa menanam pohon kurma sendiri.
Kurma diketahui rendah lemak dan sumber serat makanan, vitamin A, kalium, kalsium, serta masih banyak lagi. Buah ini juga bebas dari kolesterol. Umat Muslim dianjurkan untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil. Hal itu juga biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.
ADVERTISEMENT

"Dia yang memakan tujuh kurma 'Ajwa setiap pagi tidak akan terpengaruh oleh racun atau sihir pada hari dia memakannya." (Bukhari)

Madu

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi (153199)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi madu. Foto: Unsplash/@artrachen
Banyak yang menganggap madu sebagai makanan utama karena memiliki manfaat internal dan eksternal yang tak terhitung jumlahnya. Sebagai sumber energi yang bagus, makanan sunah ini membantu memperkuat perut, membantu pencernaan, menghilangkan dahak, dan bahkan mengurangi kelelahan otot. Madu juga digunakan untuk mengobati luka, luka bakar ringan dan sering diolah sebagai bahan pada produk kecantikan.

"Madu adalah obat untuk setiap penyakit dan Al-Quran adalah obat untuk semua penyakit pikiran, oleh karena itu aku menyarankan kepada kamu keduanya, baik itu Al-Quran dan madu." (Bukhari)

Buah tin atau buah ara

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi (153200)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi buah ara. Foto: Unsplash/@izgubljenausvemiru
Buah ara bisa dimakan langsung ataupun dikeringkan terlebih dahulu. Buah yang juga sering disebut dengan 'tin' ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber vitamin serta mineral seperti zat besi. Sebagai sumber serat yang baik, buah ara juga membantu meringankan sembelit dan membuat kamu lebih mudah kenyang. Buah tin adalah obat yang baik untuk penyakit perut dan wasir.
ADVERTISEMENT

"Hal ini juga disebutkan dalam Al-Quran, di mana yang Mulia Allah SWT berkata: 'Demi buah ara dan buah zaitun.' "(Surat At-Tin)

Jelai

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi (153201)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi ladang jelai. Foto: Unsplash/@hjrc33
Banyak orang meminum jelai yang direndam sebagai cara untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, jelai biasa disarankan untuk menyembuhkan penyakit panas dan demam karena mengandung antioksidan yang tinggi.
Jelai juga membantu mengontrol kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan pencernaan. Umat Muslim biasa mengonsumsi jelai untuk menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Semangka

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi (153202)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi semangka. Foto: Unsplash/@edgarraw
Semangka tak diragukan merupakan suguhan yang lezat dan menyejukkan terutama bagi kita yang tinggal di iklim tropis. Namun, banyak umat Islam yang tidak menyadari bahwa semangka sebenarnya adalah makanan sunah dengan banyak manfaat.
ADVERTISEMENT
Buah besar ini membantu meredakan nyeri dan nyeri otot, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah naiknya asam lambung dan batu ginjal. Semangka juga dikenal luas dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindungi kulit. Bahkan, dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyukai semangka yang sudah matang.

"Panasnya zat ini (kurma) menetralkan kesejukan itu (semangka)." (Abu Dawood dan At-Tirmidzi)

Susu

Selain Hukumnya Sunah, 6 Makanan dan Minuman Ini Bergizi untuk Dikonsumsi (153203)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi susu. Foto: Unsplash/@shootdelicious
Susu adalah produk yang pasti ditemukan di lemari es setiap orang. Susu tidak diragukan pula merupakan sumber nutrisi yang mengandung kalsium, protein, kalium, dan masih banyak lagi. Nilai gizinya yang tinggi membantu membuat tulang dan gigi menjadi sehat sekaligus memperbaiki otot dan menjaga kesehatan sel darah merah.

"Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya." (QS. An-Nahl ayat 66)

ADVERTISEMENT