Entertainment
·
20 November 2020 10:26

Sumber Cahaya saat Kiamat, Ini 7 Keutamaan Salat Sunah Fajar

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Sumber Cahaya saat Kiamat, Ini 7 Keutamaan Salat Sunah Fajar (74909)
Ilustrasi orang salat. Foto: Saudi Agensi Pers / Handout via REUTERS
Salat merupakan suatu hal yang harus dikerjakan bagi setiap umat muslim. Mereka yang mengerjakan ibadah tersebut maka akan mendapatkan pahala, jika tidak ya berdosa.
ADVERTISEMENT
Dalam Islam, salat fardhu adalah hal wajib yang dikerjakan. Selain itu ada salat sunah yang lebih baik dikerjakan daripada tidak. Sebab, setiap salat yang dikerjakan, terdapat keutamaannya masing-masing dan itu adalah suatu hal baik untuk mendapatkan kenikmatan di dunia maupun akhirat.
Allah SWT sangat menyukai umat-Nya yang tidak pernah melupakan dan mengabaikan-Nya. Sebab, dengan salat berarti mereka tahu kepada siapa yang mereka sembah dan meminta.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 277 yang artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

Sang Pencipta memberikan banyak jalan kepada umat-Nya untuk bisa meraih kenikmatan surga. Salah satunya, ya dengan mengerjakan salat sunah, seperti salat sunah fajar.
ADVERTISEMENT
Salat sunaf fajar ini merupakan salat sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang dikerjakan tepat sebelum salat Subuh.
"Aisyah RA berkata, "Nabi SAW tidaklah menjaga shalat sunah yang lebih daripada menjaga shalat sunah dua rakaat sebelum Subuh." (HR Muslim)
Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa keutamaan bagi setiap muslim yang rajin mengerjakan salat fajar. Apa saja itu?
1. Lebih baik dari dunia dan isinya
Keutamaan pertama yang ada dalam salat sunaf fajar adalah lebih baik dari dunia dan seisinya. Artinya, salat sunah yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat ini lebih utama dibandingkan dengan kegiatan duniawi. Di mana, semua kenikmatan yang ada di dunia hanyalah sementara.
2. Diselamatkan dari api neraka
ADVERTISEMENT
Meski ada rasa malas ketika harus bangun lebih pagi untuk mengerjakan salat, tapi tidak ada keuntungan yang lebih baik dari diselamatkan dari panasnya api neraka.
"Siapa pun yang melakukan salat sebelum matahari terbit dan salat sebelum terbenamnya tidak akan masuk neraka." (HR Muslim)
Maka, lebih baik mengerjakannya, bukan?
3. Pahala tak terbatas
Beruntungnya kamu yang selalu mengerjakan salat sunah fajar, karena akan mendapatkan pahala yang sangat besar, sebab Nabi Muhammad SAW selalu menjaga dan tidak meninggalkan salat dua rakaat ini seperti hadis yang diriwayatkan,
"Aisyah RA berkata, "Nabi SAW tidaklah menjaga salat sunah yang lebih daripada menjaga salat sunah dua rakaat sebelum Subuh." (HR Muslim)
4. Mendapatkan lindungan Allah SWT
ADVERTISEMENT
Allah SWT akan memberikan perlindungan bagi setiap hamba-Nya yang tidak pernah meninggalkan salat fajar.
"Barangsiapa melaksanakan salat Subuh maka ia dalam jaminan Allah SWT. Maka jangan coba-coba membuat Allah SWT membuktikan janji-NYA. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan salat Subuh, Allah SWT akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka." (HR Muslim)
Sumber Cahaya saat Kiamat, Ini 7 Keutamaan Salat Sunah Fajar (74910)
Wanita yang sedang melaksanakan salat. Foto: Shutterstock
5. Waktu penuh iman dan ilmu
Pada saat-saat waktu di mana kamu harus mengerjakan salat di pagi hari, tepatnya sebelum subuh, pikiran dan hati akan juah terasa lebih jernih dan otak pun dapat menangkap lebih mudah.
6. Dibangunkan rumah di surga
Keutamaan lainnya dari salat sunah fajar adalah akan dibangunkan rumah bagi muslim di surga kelak. Kenikmatan ini, jangan sampai harus disia-siakan, ya.
ADVERTISEMENT
Ummu Habibah ra berkata, "Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh." (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih)
7. Sumber cahaya saat kiamat
Setiap muslim yang mengerjakan salat fajar, dirinya akan menjadi sumber cahaya pada saat hari akhir telah tiba.
Cahaya ini tentunya akan membantu untuk memberikan pencahyaan saat melewati sirath, sebab cahaya tersebut berasal dari semua amalannya di dunia, salah satunya mengerjakan salat fajar.
Itulah ketujuh keutamaan salat sunah fajar. Semoga saja setelah tahu semua keutamaannya, setiap muslim akan belajar untuk tidak meninggalkan slaat sunah fajar ini. Aamin.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white