Food & Travel
·
29 April 2021 13:45

Tips Menghilangkan Rasa Haus Selama Puasa

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Tips Menghilangkan Rasa Haus Selama Puasa (732953)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@katejoie
Kewajiban umat Islam selama bulan Ramadhan adalah menahan makan dan minum. Banyak orang yang mengaku dapat menahan lapar, namun sulit untuk menahan dahaga. Apalagi, kamu tetap melakukan aktivitas di luar ruangan di bawah matahari terik.
ADVERTISEMENT
Tetapi, tahukah kamu bahwa minuman soda menyebabkan rasa haus yang luar biasa? Soda memang membuat kita cepat merasa kenyang dan penuh, namun di sisi lain soda mencegah tubuh untuk menggunakan cairan. Selebihnya, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menghindari rasa haus di bulan puasa.

Makan semangka agar enggak haus selama bulan Ramadhan

Semangka adalah buah musim panas yang luar biasa, bukan? Buah dengan kulit berwarna hijau itu memiliki tekstur juicy dan sangat menyegarkan untuk dikonsumsi.
Semangka terdiri dari 91% air dan hanya 6% gula. Jika kamu lelah karena ketika mengunyah semangka kamu harus menyemburkan bijinya, alternatif terbaik adalah dengan mengolah semangka menjadi smoothie atau jus.
Tips Menghilangkan Rasa Haus Selama Puasa (732954)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi semangka. Foto: Unsplash/@edgarraw

Makan tomat juga bisa membantu kamu agar enggak dehidrasi selama puasa

Seperti semangka, tomat juga memiliki kandungan air yang banyak, sehingga membuat kita untuk tetap terhidrasi. Tahukah kamu bahwa satu cangkir tomat ceri menghasilkan lebih dari setengah cangkir air?
ADVERTISEMENT
Cara yang paling favorit tentunya dengan membuat jus tomat. Selain sehat, tentunya jus tomat sangat menyegarkan. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi tomat selama bulan Ramadhan.

Makan mentimun membantu kamu tetap segar

Mentimun memiliki kandungan 90% air. Pastikan untuk memasukkan mentimun ke dalam daftar menu sahur kamu, entah itu hanya sebagai kudapan setelah makanan utama. Ini akan membuat kamu segar dan dingin selama menjalankan ibadah puasa.

Berhentilah minum kopi kalau kamu enggak mau gampang haus ketika puasa

Banyak pecandu kopi di luar sana, mungkin kamu salah satunya. Para pecinta kopi selalu enggak sabar untuk menunggu waktu berbuka puasa dan membuat secangkir kopi untuk pelepas dahaga.
Kamu harus menghentikan kebiasaan itu atau seenggaknya mengurangi selama bulan puasa. Faktanya, kafein membuat kamu bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, sehingga tubuh dengan mudah kehilangan cairan.
ADVERTISEMENT

Hindari berkeringan terlalu banyak saat jam berpuasa

Trik supaya menjaga tubuh tetap terhidrasi dan segar adalah dengan menyimpan cairan di tubuh. Hindari melakukan kegiatan luar ruangan di bawah sinar matahari jika itu bukan merupakan tuntutan kerja, atau berolahraga di siang hari.
Dengan membatasi kegiatan di luar, maka semangka , tomat, atau mentimun yang telah kamu konsumsi saat sahur benar-benar berfungsi menjaga cairan di tubuh kamu. Seperti unta yang bisa hidup berhari-hari tanpa air berkat punuknya menyimpan banyak cairan. Maka, simpan cairan itu di tubuh kamu dengan baik.
Tips Menghilangkan Rasa Haus Selama Puasa (732955)
searchPerbesar
Gambar ilustrasi mentimun. Foto: Unsplash/@victorfreitas