Entertainment
·
25 November 2020 12:48

Yuk Atasi Kegundahanmu dengan Lafalkan Doa Ini

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Yuk Atasi Kegundahanmu dengan Lafalkan Doa Ini (75874)
Ilustrasi orang gundah. Foto: Unsplash.com/tjump
Manusia selalu dapat mengalami perubahan secara emosional ketika sedang mengalami suatu situasi. Entah perasaan senang, marah, sedih, gundah, dan lainnya. Itu wajar dirasakan oleh setiap manusia.
ADVERTISEMENT
Namun, manusia itu sendiri pun akan selalu ingin merasakan perasaan yang damai, tenang, dan teguh dalam kebenaran. Bahkan, Allah SWT akan menganugerahi ketenangan di dalam hati setiap manusia yang beriman.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Fath ayat 4 yang artinya:

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

Tetapi, mereka juga mesti ingat kalau roda selalu berputar. Tak selamanya manusia akan merasakan senang. Ada kalanya, mereka akan dihadapkan pada sesuatu yang membuatnya gundah gulana.
Siklus emosi yang didapat manusia setiap harinya mengingatkan kita kalau manusia adalah makhluk yang berakal. Makanya ketika merasa sedang gundah, tidak ada salahnya untuk berdoa dan memohon perlindungan kepada Sang Pencipta untuk mengurangi rasa tersebut.
ADVERTISEMENT
Berikut doa yang bisa kamu lafalkan ketika merasakan gundah.
Bismillahirrahmanirrahim
اللَّھُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْھَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّیْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ
Allahumma inni a'uzubika minal hammi wal hazni wal a'jzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dhola'id dain wa qholabatir rijaal.
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan rasa sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman utang dan laki-laki yang menindas-(ku).
Ketika merasakan sesuatu yang tidak enak, seperti gundah atau berduka, semoga hal pertama yang dapat kita ingat adalah Allah SWT.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white