Tekno & Sains
·
24 November 2020 15:04

10 Jenis Makanan dan Minuman Sebaiknya Tak Diberikan pada Kucing Peliharaan Kamu

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
10 Jenis Makanan dan Minuman Sebaiknya Tak Diberikan pada Kucing Peliharaan Kamu (201872)
Ilustrasi kucing bermain di luar. Foto: Pixabay
10 Jenis Makanan dan Minuman Sebaiknya Tak Diberikan pada Kucing Peliharaan Kamu
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Bagi pencinta hewan seperti kucing, memang sudah dianggap seperti keluarga. Terkadang apapun yang sedang dimakan, ingin juga diberikan kepada kucing. Namun, tidak semua makanan yang dimakan oleh manusia bisa diberikan kepada kucing.
Ada beberapa makanan manusia yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan mereka karena biasanya beracun. Maka dari itu, pemilihan makanan untuk kucing rumahan harus sangat selektif.
Dikutip dari Preventive Vet, berikut deretan makanan dan minuman yang sebaiknya tak diberikan kepada kucing:
1. Produk Susu Sapi
10 Jenis Makanan dan Minuman Sebaiknya Tak Diberikan pada Kucing Peliharaan Kamu (201873)
Ilustrasi hewan peliharaan kucing. Foto: Pixabay
Buat kamu yang sering memberi kucing peliharaan susu sapi, mulai sekarang sebaiknya dihentikan. Sebab, susu sapi mengandung laktosa yang susah dicerna oleh kucing. Susu menjadi makanan yang harus dihindari oleh kucing karena dapat menyebabkan muntah dan diare.
ADVERTISEMENT
2. Makanan Mengandung Bawang
Bawang-bawangan bisa merusak sel darah merah kucing sehingga menimbulkan anemia. Tak hanya dalam kondisi utuh, kamu juga harus menjauhkan kucing dari makanan yang mengandung bawang.
3. Cokelat
Mayoritas kucing memang tidak bisa menolak coklat. Namun, sebaiknya dihindari untuk diberikaan kepada kucing. Seba makanan yang mengandung cokelat memiliki theobromine yang berbahaya karena dapat memicu diare, muntah, gagal jantung hingga meninggal.
4. Daging dan Ikan Mentah
Daging dan ikan mentah mengandung bakteri dan parasit yang menyebabkan penyakit pada kucing. Selain itu lemak pada daging akan menyebabkan peradangan pankreas. Meskipun kucing akan memakannya tapi daging dan ikan mentah tetap tidak sehat untuk kucing.
5. Tulang Ikan dan Ayam
Hati-hati jika member makan kucing kamu ayam atau ikan yang masih ada tulangnya karena bisa membuat mereka tersedak.
ADVERTISEMENT
6. Hati
10 Jenis Makanan dan Minuman Sebaiknya Tak Diberikan pada Kucing Peliharaan Kamu (201874)
Ilustrasi Kucing Persia. Foto: Shutter Stock
Jangan sering-sering berikan hati pada kucing, baik hati ayam, sapi, dan lainnya. Makanan itu akan memicu keracunan vitamin A. Akibatnya, kucing akan mengalami kelainan tulang dan osteoporosis.
7. Kafein
Jauhkan kopimu dari kucing. Kafein dapat menyebabkan tremor, meningkatnya detak jantung, kejang, hingga kesulitan bernapas pada kucing.
8. Adonan Kue
Adonan kue yang masih mentah ketika dimakan akan mengembang di dalam perut kucing. Jika itu terjadi, kemungkinan terburuknya adalah kucing harus menjalani operasi.
9. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol tentu saja berbahaya untuk kucing. Dua sendok teh alkohol cukup untuk membuatnya koma. Jika kamu menambahkan satu sendok teh lagi, kucing akan mati.
10. Obat Manusia
Jika hewan peliharaan sakit, terkadang sebagian oemilik memberikan obat manusia untuk meredahkan penyakit nya. Sebaiknya kebiasaan memberi obat manusia kepada hewan dihentikan. Kamu tak tahu seberapa dosis yang mereka butuhkan. Lebih aman jika kamu membawanya ke dokter hewan.
ADVERTISEMENT