Woman
·
3 November 2020 11:24

3 Bahaya Ini Perlu Kamu Waspadai saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
3 Bahaya Ini Perlu Kamu Waspadai saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online (244559)
Ilustrasi seorang perempuan berkencan lewat aplikasi di ponsel pintar. Foto: Shutterstock
3 Bahaya Ini Perlu Kamu Waspadai saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Aplikasi kencan ramai digunakan untuk menemukan pasangan hidup. Tak jarang, banyak pasangan yang berhasil hingga kejenjang pernikahan karena bertemu melalui aplikasi kencan.
Namun, ada beberapa orang yang menggunakan aplikasi kencan untuk mengusir rasa bosan dan kesepian. Terlebih lagi, di tengah pandemi seperti sekarang ini.
Tidak hanya itu, beberapa orang pun menggunakan aplikasi kencan untuk melancarkan aksinya dalam hal kejahatan. Banyak dijumpai kasus kejahatan yang menimpa seseorang akibat aplikasi kencan yang digunakan.
Jika saat ini kamu sedang menggunakan aplikasi kencan online, kamu harus mewaspadai 3 bahaya ini. Berikut di antaranya:
1. Pelecehan Seksual
Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja, dalam bentuk verbal maupun non verbal. Biasanya, kejadian ini rawan terjadi oleh perempuan. Ketika kamu menggunakan aplikasi kencan untuk menemukan pasangan hidup, sebaiknya gunakan foto yang bersifat privasi dan jangan menerapkan foto lebih dari satu.
ADVERTISEMENT
Jika ia mengajakmu untuk bertemu secara langsung, jangan menuruti semua permintaannya, seperti mengajak bertemu di tempat yang sepi atau bertemu di tempat yang tidak seharusnya didatangi ketika bertemu dengan orang baru seperti hotel, villa, motel, dan lain sebagainya. Usahakan kamu bertemu dengannya ditempat ramai seperti restoran atau mall.
3 Bahaya Ini Perlu Kamu Waspadai saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online (244560)
Ilustrasi Kencan Online. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
2. Penipuan
Beberapa orang tidak sepenuhnya benar-benar mencari pasangan hidup di aplikasi kencan, menggunakan identitas palsu sebagai modus penipuan juga sering dijumpai saat menggunakan aplikasi kencan. Sebaiknya, jangan menuliskan identitas pada bio profilmu secara lengkap. Cukup cantumkan nama dan umur saja.
Juga, jangan mudah percaya dengan pesan-pesan yang ia kirimkan dan jangan terbuai ketika ia merayumu dengan berbagai hal. Misal, ia tiba-tiba memintamu untuk mentransfer uang dengan jumlah yang banyak.
ADVERTISEMENT
3. Pembunuhan
Kasus pembunuhan akibat aplikasi kencan sudah sangat sering terjadi. Jangan terlalu terbuka dengan orang yang baru dikenal. Saat ia mengajakmu bertemu secara langsung, usahakan untuk bertemu ditempat yang ramai.
Jika kamu merasa ia merupakan orang yang tidak aman, kamu boleh-boleh saja membawa temanmu saat ingin bertemu dengannya atau tolak saja permintaannya. Saat ia mulai menunjukkan sikap aneh dan mulai bersikap kasar, kamu boleh menghubungi polisi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.