Woman
·
22 September 2020 13:19

3 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
3 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya (28246)
Ilustrasi bau badan. Foto: Shutter Stock
Masalah bau badan sangat mengganggu. Berikut 3 tips mengatasinya.
Hi!Pontianak - Memiliki masalah bau badan tentu sangat menjengkelkan. Selain mengganggu diri sendiri, bau badan yang tak sedap juga membuat orang di sekitar kita merasa terganggu dan cenderung menghindari bau tersebut.
ADVERTISEMENT
Rasa tidak percaya diri pun muncul akibat bau badan. Mungkin, kamu merasa bingung apa penyebab bau badan yang timbul. Bau badan timbul karena beberapa faktor penyebabnya.
Dalam video yang diunggah oleh seorang Medical Doctor, Kevin di akun TikToknya menyebutkan, penyebab bau badan serta cara mengatasinya.
Berikut 3 penyebab bau badan dan cara mengatasinya:
1. Memakai Baju Terlalu Ketat atau Berlapis
3 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya (28247)
Ilustrasi bau badan. Foto: Thinkstock
Baju yang terlalu ketat dan berlapis membuat kulit sulit untuk bernapas sehingga keringat tidak bisa menguap dengan baik. Untuk itu, gunakan baju yang lebih tipis dan berbahan katun. Dengan begitu, kulit bisa lebih bernapas dan bau badan bisa dihindarkan.
2. Makanan Tertentu
Rempah-rempah seperti bawang putih dan kari terkenal dapat menimbulkan bau badan yang tak sedap. Hindari terlalu sering makan berbahan bawang putih dan kari. Makanlah makanan bergizi seimbang dan buah-buahan seperti jeruk dan lemon.
ADVERTISEMENT
3. Kelebihan Berat Badan
3 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya (28248)
Ilustrasi bau badan. Foto: Shutter Stock
Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas cenderung memiliki bau badan yang tak sedap. Hal ini terjadi akibat pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuh. Area lipatan biasanya beruap, gelap dan hangat sehingga gesekan pada area lipatan meningkat. Berolahraga secara bertahap dapat mengurangi berat serta bau badan.
Nah, jangan lupa pula untuk rutin membersihkan diri. Mandi dan membasuh badan dapat membersihkan keringat serta bakteri yang mempel pada kulit. Gunakan sabun antibakteri untuk membunuh bakteri yang menempel di area berkeringat.
Penulis: Siti Annisa Aini