Woman
·
6 Oktober 2020 11:39

4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker (113212)
Ilustrasi bekas jerawat kemerahan. Foto: Shutterstock
4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker
Hi!Pontianak - Kondisi saat ini mengharuskan kita untuk mengenakan masker saat berpergian. Bahkan, ketika di dalam ruangan yang dihadiri beberapa orang pun kita harus tetap mengenakan masker guna mencegah penyebaran virus corona.
ADVERTISEMENT
Mengenakan masker dalam jangka waktu yang lama ternyata dapat menimbulkan jerawat pada kulit wajah atau yang dikenal dengan maskne (mask acne). Maskne merupakan jerawat yang timbul di area yang tertutup oleh masker seperti di pipi, dagu, dan hidung.
Untuk mencegah timbulnya maskne, dalam unggahan video di media sosial, dr. Arthur SpKK menyebutkan 4 tips untuk mencegah timbulnya jerawat saat mengenakan masker. Berikut di antaranya:
1. Tetap Melakukan Perawatan
4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker (113213)
Ilustrasi memakai masker. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Meskipun mengenakan masker dalam jangka waktu yang cukup lama, perawatan wajah tetap harus dilakukan guna mencegah timbulnya jerawat. Sebelum mengenakan masker, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab dan tabir surya pada kulit wajah untuk mengantisipasi kulit wajah menjadi iritasi dan kusam.
Gunakan tabir surya 20 atau 30 menit sebelum memulai aktivitas. Nah, setelah seharian beraktivitas di luar ruangan dengan mengenakan masker, segara bersihkan wajah dengan sabun agar kotoran terangkat dan gunakan rangkaian skincare yang cocok dengan kulit wajah.
ADVERTISEMENT
2. Ganti Masker Setiap 4 Jam
4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker (113214)
Ilustrasi memakai masker. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Gunakanlah masker dengan bijak. Jika kamu mengenakan masker bedah, sebaiknya jangan gunakan berulang kali atau seharian penuh. Ganti masker setiap 4 jam sekali atau ketika kamu merasa masker sudah terlalu lembab. Sediakanlah masker lebih atau masker pengganti seperti masker kain.
3. Jangan Menggunakan Makeup Terlalu Tebal
4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker (113215)
Ilustrasi perempuan memakai bedak. Foto: Shutter Stock
Kamu tetap bisa menggunakan makeup meskipun memakai masker kok. Namun, jangan gunakan makeup yang terlalu tebal ya. Gunakan makeup yang tipis dan ringan.
Jika kulit wajahmu sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup ketika mengenakan masker agar jerawat tidak bertambah parah. Sebab, makeup dapat menyumbat pori-pori wajah dan memicu timbulnya jerawat.
4. Kenakan Masker Bahan Kain yang Nyaman
4 Tips Cegah Timbulnya Jerawat karena Memakai Masker (113216)
Tips menjaga kulit agar tetap sehat meski memakai masker. Foto: Shutterstock
Jika kamu memiliki kulit yang sensitif hindari makser dengan berbahan kain yang kasar, seperti nilon, polyster, dan rayon karena akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Kenakanlah masker dengan bahan yang nyaman dan lebih lembut agar kulit wajah tidak iritasi dan timbul jerawat. Namun, lapisan luar kain masker harus tebal agar tidak terkontaminasi dengan virus dan bakteri.
ADVERTISEMENT
Penulis: Siti Annisa Aini