Pencarian populer

5 Hal yang Harus Diketahui Saat Pesawat Mengalami Hal Darurat

Hujan yang mengguyur kawasan Bandara Internasional Supadio Pontianak, Sabtu (16/2). Foto: Hi!Pontianak

Hi!Pontianak. Rasa panik sering kali kita rasakan saat bepergian, baik itu menggunakan jalur darat ataupun udara.

Seperti Sabtu kemarin (16/2) pesawat gagal mendarat kembali terjadi. Kali ini menimpa pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT 714, tujuan Jakarta-Pontianak, tergelincir di jalur runway Bandara Internasional Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Hal itu membuat penumpang panik dan histeris serta beberapa penerbangan harus dibatalkan.

Jika kamu menjadi satu diantara penumpang yang berada di dalam kondisi pesawat darurat apa yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa kamu terapkan saat mengalami pesawat darurat:

  1. Diperlukan kesiapan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan perhatikan arahan prosedur keselamatan yang diperagakan oleh pramugari sebelum pesawat take off.

  2. Mengetahui cara membuka pintu darurat adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya penumpang yang duduk di dekat pintu daurat, namun pengetahuan tersebut harus dikuasai oleh seluruh penumpang dalam pesawat.

  3. Jika sudah dalam kondisi pesawat tergelincir usahakan jangan panik terlebih dahulu. Percaya kepada pilot dan awak kabin bahwa bisa selamat mendarat dan banyak-banyak berdoa.

  4. Utamakan keselamatan dan lupakan barang bawaan. Dalam keadaan genting keselamatan jiwa merupakan hal yang harus diproritaskan. Tinggalkanlah barang bawaan pada kursi atau bagasi dan segera menyelamatkan diri menuju pintu darurat yang telah disediakan.

  5. Mengetahui hal-hal saat evakuasi. Jika melakukan evakuasi di darat setelah meluncur para penumpang harus langsung memasang posisi berdiri. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya benturan dengan penumpang lainnya yang akan turun.

Itu beberapa hal yang perlu dilakukan saat pesawat mengalami hal darurat. Semoga kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti ini. (hp6)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59