Woman
·
11 September 2021 11:08
·
waktu baca 2 menit

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Interview Online

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Interview Online (107551)
searchPerbesar
Ilustrasi wawancara kerja. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Sejak pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang merekrut karyawan baru secara daring atau online. Selain itu ada banyak aplikasi video conference juga mempermudah perusahaan dalam melakukan interview kerja jarak jauh.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan interview secara langsung di mana seseorang perlu melatih interpersonal skill, seperti keterampilan mendengarkan secara aktif dengan melakukan kontak mata untuk wawancara dengan perekrut. Dalam interview kerja secara daring ada lebih banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan perhatikan agar wawancara kerja dapat berjalan dengan lancar dan perekrut mendapat kesan yang baik.
Apa saja? Berikut di antaranya:
1. Mengetahui Detail Pekerjaan dan Perusahaan
Saat diundang untuk wawancara secara online, alangkah baiknya mengetahui tentang perusahaan yang akan wawancara kamu. Mengenai produk maupun sejarah mengenai perusahaan. Selain itu, persiapkan tentang serba-serbi pekerjaan yang akan kamu lamar, mulai dari jobsdesk sampai flow mengenai pekerjaan itu.
2. Berpakaian Rapi dan Berdandan
5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Interview Online (107552)
searchPerbesar
Ilustrasi wawancara kerja secara online. Foto: Shutterstock
Walaupun wawancara secara online, kamu tetap harus menggunakan pakaian yang rapi dan berdandan. Jangan sampai, wajah terlihat kusam seperti wajah bangun tidur. Tentu hal itu akan menjadi penilaian saat wawancara.
ADVERTISEMENT
3. Pastikan Jaringan Internet Stabil
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Dengan memastikan kestabilan jaringan internet, kamu bisa menghindari gangguan saat interview online. Jangan sampai terjadi kesalahan teknis yang membuat suara pewawancara tak terdengar, atau penjelasan kamu tidak tersampaikan dengan baik.
4. Pilih Tempat yang Kondusif
Tempat juga menjadi poin penting yang perlu kamu persiapkan ketika menghadapi interview online. Agar tidak mengganggu proses interview, sebaiknya cari tempat yang kondusif yaitu jauh dari keramaian.
Jika kamar menjadi tempat yang paling aman, maka pastikan kondisi kamar kamu dalam keadaan rapi agar memberikan kesan positif kepada pewawancara nantinya. Jika kamar bukanlah tempat yang kondusif, maka kamu bisa mencari tempat lain seperti coffee shop yang sedang sepi.
Selain itu, apabila melakukan wawancara kerja di rumah maka beritahulah pihak keluarga untuk menjaga ketenangan selama proses interview.
ADVERTISEMENT
5. Laptop atau Komputer dalam Kondisi Prima
Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah kondisi perangkat yang akan digunakan untuk interview online. Usahakan untuk menggunakan laptop atau komputer dengan keadaan yang prima sehingga wawancara dapat berjalan dengan baik.
Selain itu juga jangan lupa perhatikan kondisi baterainya. Jika gawai yang kamu miliki cukup bermasalah, maka pinjamlah laptop atau komputer milik teman atau anggota keluarga lainnya.