kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Februari 2020 14:58

5 Kalimat yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Perempuan Jadi Insecure

zuyjak89muifncgqfiurk.jpg
Ilustrasi cara atasi rasa insecure pada diri sendiri dengan berkaca. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya insecure. Insecure atau rasa tidak aman bisa diartikan sebagai rasa takut akan sesuatu yag dipicu rasa tidak puas serta tidak yakin dengan kapasitas diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Insecure seringkali dialami pada perempuan, terutama pada penampilan. Selalu ingin tampil cantik dan sesempurna mungkin, sudah menjadi suatu hal yang melekat pada perempuan.
Kaum hawa akan selalu mencoba berbagai cara agar bisa tampil maksimal. Namun, terkadang ada saja ucapan dari orang-orang sekitar yang membunuh rasa percaya dirinya, terutama dalam hal penampilan.
Berikut ini beberapa kalimat yang sering kali tanpa sadar terlontar akan menjadi ketakutan bagi kaum perempuan:
1. “Sekarang gendutan ya?”
zwoklj5afongnp5lsiawd.jpg
Cara atasi rasa insecure pada diri sendiri. Foto: Shutterstock
Pasti kamu setuju dong kalimat ini merupakan salah satu yang paling tidak disukai perempuan. Pertanyaan mengenai berat badan memang membuat kebanyakan perempuan tidak nyaman dan merasa tidak percaya diri.
Memang untuk sebagian orang perkataan tersebut bisa menjadikan motivasi untuk perempuan menurunkan berat badannya, tapi perlu dilihat dulu kondisi dan situasinya saat berucap.
ADVERTISEMENT
2. “Terlalu menor”
zhnj1xm0khz0vxwim9mxf.jpg
Ilustrasi kosmetik. Foto: Shutterstock
Berdandan dan berhias adalah suatu keharusan yang sudah melekat pada perempuan. Selain terlihat lebih bersih dan cantik dengan berdandan juga meningkatkan kepercayaan diri seseorang.
Namun, lain hal jika dandanan seseorang dikritik oleh orang sekitarnya terutama orang tersayang. Bisa-bisa seorang perempuan langsung merasa insecure. Nah, Jika kamu memang ingin menegur temanmu, tegurlah dengan baik dan secara privat, ya.
3. “Kok jerawat kamu makin banyak?”
zg2oyksn1qlewubabgomp.jpg
Ilustrasi perempua memencet jerawat. Foto: Shutterstock
Semua perempuan tentu ingin punya wajah yang bersih dan mulus tanpa jerawat. Namun, yang namanya kulit, tentu pasti punya masa akan ditumbuhi jerawat.
Lebih dari itu, yang lebih menyebalkan dari jerawat adalah orang-orang sekitar yang suka berkomentar. Padahal punya jerawat itu hal yang normal kok.
ADVERTISEMENT
4. “Muka sama tangan kamu warnanya beda deh”
zer6xf52jrmnjhkdhr93k.jpg
Ilustrasi wajah perempuan. Foto: Dok. Thinkstock
Bagaimana reaksimu jika salah satu temanmu mengucapkan kalimat ini? Marah? Kesal atau malah jadi minder? Ya, bagi beberapa perempuan kalimat ini bisa sangat menyakitkan. Banyak perempuan merasa kalimat seperti ini seolah-olah adalah penghinaan bagi mereka.
5. “Makanya perbaiki diri biar cepat dapat pasangan”
zgjwaebmqycfnta1jnloz.jpg
Ilustrasi single. Foto: Shutterstock
Untuk sebagian perempuan perkataan ini mungkin sedikit menyakitkan, karena penampilan fisik menjadi alasan seseorang untuk tidak bisa mendapat pasangan.
Memang untuk mendapatkan pasangan yang terbaik mengharuskanmu jadi dirimu yang terbaik, tetapi apa iya kamu harus mengubah jati diri kamu dan tidak pernah puas pada diri sendiri? Jika kamu ingin berubah, berubahlah karena kamu ingin meningkatkan kualitas dirimu untuk diri sendiri, bukan karena ingin mewujudkan ekspektasi orang lain.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan