Woman
·
21 September 2020 14:56

5 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
5 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Tubuh (8518)
Ilustrasi pelukan. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Berpelukan ternyata dapat membuat perasaan menjadi lebih bahagia dan damai. Berpelukan dengan keluarga, sahabat dan juga pasangan menjadi simbol untuk mendekatkan diri dan mengungkap rasa sayang kepada mereka.
ADVERTISEMENT
Pelukan merupakan sebuah kegiatan yang dapat memberikan kesehatan untuk tubuh kita. Dalam video yang di unggah oleh seorang Medical Doctor, Ahli Akupuntur Estetika, dr Vivi Mamonto, di akun TikToknya menyebutkan, pelukan dapat memberikan kesehatan terhadap tubuh.
Berikut 5 manfaat pelukan untuk kesehatan tubuh:
1. Memperbaiki Suasana Hati
5 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Tubuh (8519)
Ilustrasi pasangan suami istri. Foto: Shutterstock
Berpelukan dapat meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh kita. Hormon ini bekerja untuk memberikan perasaan nyaman dan senang.
Ketika sedang memiliki suasana hati yang buruk, cobalah untuk berpelukan dengan seseorang yang kamu sayangi. Cukup berpelukan tanpa berbicara, suasana hati akan terasa lebih baik dari sebelumnya.
2. Tidur Lebih Nyenyak
Memiliki gangguan tidur cukup menjengelkan, terlebih lagi jika tidurmu selalu tidak nyenyak. Nah, menurut penelitian dari National Sleep Foundation (NSF), berpelukan 10 menit sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak, loh.
ADVERTISEMENT
3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
5 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Tubuh (8520)
Ilustrasi pasangan suami istri. Foto: Shutterstock
Ternyata pelukan juga dapat memberikan kekebalan dalam sistem tubuh kita. Menurut Michael Murphy, Ph.D., seseorang yang terserang flu biasa dan dipantau saat karantina menunjukkan hal yang berbeda.
Pasien yang mendapat dukungan dan pelukan akan merasa didukung secara sosial sehingga menunjukan tanda-tanda penyakit yang tidak parah, dibandingkan dengan pasien yang jarang mendapatkan hal tersebut.
4. Membangun Kepercayaan dan Rasa Aman
5 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Tubuh (8521)
Pelukan pasangan membuat hati senang. Foto: Thinkstocks
Pelukan dapat membangun rasa aman karena memberikan rasa tenang serta membantu membentuk hal-hal positif. Berpelukan juga membangun rasa kepercayaan terhadap diri sendiri dan juga orang lain karena merasa disayangi dan tahu bagaimana cara menyanyangi orang lain.
5. Memiliki Kehidupan Seks yang Lebih Baik
Tidak hanya seks yang membuat kamu terhubung dengan pasangan, pelukan juga sangat membantu, loh. Menurut sebuah studi dalam Archives of Sexual Behavior pada tahun 2014, mengatakan bahwa waktu berpelukan yang lebih lama setelah berhubungan seksual dapat meningkatkan kepuasan aktivitas seks itu sendiri. Efek ini dirasakan oleh pria dan wanita, tetapi wanita lebih kuat merasakan efeknya.
ADVERTISEMENT
Penulis: Siti Annisa Aini