Pencarian populer

6 Fakta Menarik DAY6, Band Korea Spesialisnya Lagu Galau

Day6 (Foto: Facebook @day6official)
Hi!Pontianak - Industri musik Korea Selatan tidak sebatas girl group dan boy group saja, namun ada juga band-band yang tak kalah populer di pasar permusikan, salah satunya DAY6. Band naungan JYP Entertainment ini debut sejak tahun 2015.
ADVERTISEMENT
Setelah 6 bulan sukses dengan mini album Remember Us: Youth Part 2, mereka kembali merilis video musik comeback yang bertajuk Time of Our Life, dalam mini album kelima The Book of Us: Gravity. Nah, sebelum mendengar lagu terbaru DAY6 yang telah rilis pada Senin (15/07) ini, simak beberapa fakta unik seputar mereka, yuk!
  1. Debut sebagai 5LIVE
Jauh sebelum diperkenalkan sebagai DAY6, sebenarnya pihak agensi JYP sudah merencanakan untuk mendebutkan sebuah band bernama 5LIVE. Mereka pertama diperkenalkan ke publik oleh JYP Entertainment dalam episode 4 acara WIN: Who Is Next, sebagai rival dari trainee YG. Saat itu hanya beranggotakan Sungjin, Wonpil, Young K, dan Jae. Lalu saat bergabungnya Dowoon sang maknae sekaligus drummer, pada pertengahan 2015, tepatnya 3 bulan sebelum debut. 5LIVE pun kemudian berganti nama menjadi DAY6.
ADVERTISEMENT
  1. Arti Nama DAY6
Fakta DAY6 yang mungkin jarang diketahui adalah arti nama grup ini. Pada awalnya DAY6 mempunyai 6 orang anggota. Namun di tahun 2015, salah satu anggotanya terpaksa hengkang karena masalah pribadi. Nah, saat memiliki 6 anggota, DAY6 ini merepresentasikan 6 hari sebagai 6 anggota member DAY6, sedangkan hari ketujuhnya adalah fans mereka, My Day.
Semenjak hengkangnya satu member, yakni Junhyeok maka DAY6 pun bisa diartikan sebagai 5 hari merepresentasikan 5 orang anggota DAY6, satu hari untuk fans, dan satu harinya lagi untuk para anggota DAY6 beristirahat.
  1. DAY6 memberi nama untuk peralatan musik mereka
Layaknya seseorang yang memberikan panggilan kesayangan bagi sang kekasih, DAY6 pun memberikan nama kesayangan untuk peralatan musik mereka. Jae memberikan nama "Mery," "Sir Nutcracker the 5th", "Taylor", dan "Money(Haru)" untuk gitar yang ia miliki. Sementara Sungjin memberikan nana "Atom", "Baba", dan "Baron" untuk gitar-gitarnya. Young K menamai beberapa bassnya dengan nama "Jane", "Tyson", "Lisa", dan "Goldie".
ADVERTISEMENT
Synthesizer milik Wonpil bernama "Cindy", namun keyboardnya belum diberi nama resmi sejauh ini. Sama halnya dengan Wonpil, Dowoon pun belum memberikan nama bagi drumnya. Namun Jae pernah mengusulkan nama "Do" dan "Woon" bagi kedua stik drum milik Dowoon.
  1. Grup Band Multitalenta
Selain jago nyanyi, mereka juga disebut sebagai band “mandiri” yang artinya, hampir semua lagu DAY6 dibuat dan diproduseri oleh anggota DAY6 sendiri. Mulai dari pembuatan lagu, lirik, hingga pembuatan lirik untuk rapper pun dibuat sendiri oleh DAY6. Bahkan, DAY6 ini juga jago untuk memainkan banyak alat musik. Jadi, mereka tidak hanya bisa memainkan gitar atau drum saja, karena beberapa anggota DAY6 juga jago dalam memainkan piano, keyboard, juga synthesizer.
ADVERTISEMENT
Yang uniknya lagi, DAY6 ini bahkan bisa membuat lagu dalam waktu hitungan menit saja. Hal tersebut dibuktikan oleh DAY6 dalam acara Weekly Idol ketika sang MC meminta DAY6 untuk langsung membuatkan lagu mengenai JYP. Dengan waktu hanya beberapa menit, bahkan detik saja, mereka langsung menyelaraskan nada dan Young K langsung bernyanyi dengan lirik yang dibuat secara spontan.
  1. Terhitung hingga tahun 2019, DAY6 sudah memiliki lebih dari 60 copyright yang terdaftar di Korean of Music Copyright Association (KOMCA)
Seluruh lagu dalam diskografi DAY6 (studio maupun unreleased) berjumlah lebih dari 60 lagu, dan semuanya adalah self-written & self-composed. Setiap member mempunyai andil besar dalam proses pembuatan lagu, dengan Young K sebagai penulis lirik utama. Dari semua diskografi, Young K memiliki jumlah hak cipta terbanyak, yaitu berjumlah 66 lagu, Wonpil sebanyak 56 lagu, Jae sebanyak 47 lagu, Sungjin 45 lagu, dan Dowoon 15 lagu. Respect!
ADVERTISEMENT
  1. Lagu DAY6 disukai walau bukan oleh penggemarnya
Bisa dibilang, DAY6 adalah spesialis dalam membuat lagu-lagu galau nih. Setiap lagu galau DAY6 selalu terasa ngena di hati. Walaupun penggemar DAY6 tidak sebanyak penggemar sebuah group idol K-pop, nyatanya banyak non-fans yang menyukai lagu-lagu mereka, lho! Mulai dari Congratulations, Letting Go, I Loved You, sampai When You Love Someone sangat disukai oleh para non-fans yang pernah mendengar lagu-lagu tersebut.
Banyak yang mengakui bahwa DAY6 merupakan musisi yang pantas untuk diperhitungkan dan memiliki lagu-lagu yang enak untuk didengar. Kalau kata My Days, sih, lagu DAY6 itu tidak ada yang gagal! (hp6)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86