Woman
·
23 Januari 2021 11:17

6 Manfaat Berciuman untuk Kesehatan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
6 Manfaat Berciuman untuk Kesehatan Tubuh (1404)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan harmonis. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Berciuman dengan pasangan dipercaya dapat menumbuhkan rasa cinta dan kemesraan dalam hubungan. Selain itu, berciuman juga menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap pasangan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, selain meningkatkan rasa bahagia, ternyata ciuman juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh. Seorang dokter, dr. Vivi Mamonto dalam unggahan di media sosialnya, menyebutkan 6 manfaat berciuman dengan pasangan untuk kesehatan. Berikut di antaranya:
1. Bikin Awet Muda
Berciuman biasanya dilakukan dengan penuh gairah. Nah, saat melakukan aktivitas tersebut, otot-otot di sekitar wajah akan bekerja. Oleh karena itu, berciuman secara rutin dengan pasangan dapat menjadi olahraga bagi otot-otot wajah. Hasilnya, produksi kolagen akan lebih optimal sehingga wajah akan terasa lebih kencang.
2. Mengurangi Nyeri Kepala
Saat berciuman, jantung akan memompa darah lebih cepat yang menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar. Tak hanya menurunkan tekanan darah, pembuluh darah yang melebar juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang sedang dirasakan, terutama mengurangi nyeri kepala.
ADVERTISEMENT
3. Meredakan Stres
Stres dan rasa cemas biasanya disebabkan oleh hormon kortisol. Nah, saat sedang merasa stres, kamu bisa bermesraan dan mencium pasanganmu. Saat sedang berciuman, hormon kortisol akan berkurang dan tergantikan oleh hormon oksitosin yang dapat membuat kamu merasa bahagia dan perasaan jauh lebih baik.
4. Membakar Kalori
Ternyata, berciuman dengan pasangan selama 1 menit bisa membakar 2 hingga 6 kalori dalam tubuh loh, tergantung seberapa gairahnya kamu ketika berciuman. Namun, hal ini tidak bisa kamu jadikan alasan untuk tidak berolahraga, ya.
5. Meningkatkan Imun
Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Microbiome pada tahun 2014 menyebutkan, seseorang yang rutin berciuman selama lebih dari 10 detik dapat bertukar bakteri baik dengan pasangannya. Nah, hal ini lah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
6. Meningkatkan Libido
Biasanya, sebelum melalukan hubungan bercinta dengan pasangan, berciuman dilakukan sebagai bentuk pemanasan untuk meningkatkan gairah. Penelitian yang dilakukan di University of Albany New York, Amerika serikat menyebutkan bahwa berciuman dapat meningkatkan hormon testosteron, hormon yang dapat mempengaruhi libido.