Woman
·
27 Oktober 2020 12:57

Amankah Menstrual Cup Untuk yang Belum Menikah?

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Amankah Menstrual Cup Untuk yang Belum Menikah? (489477)
Menstrual cup. Foto: Shutterstock
Amankah Menstrual Cup Untuk yang Belum Menikah?
Hi!Pontianak - Menstrual cup merupakan produk pengganti pembalut wanita yang berbentuk seperti corong dan terbuat dari silikon. Cara penggunaan menstrual cup tentu berbeda dengan pembalut. Menstrual cup hanya berfungsi untuk menampung darah bukan menyerap darah seperti halnya pembalut.
ADVERTISEMENT
Produk ini cukup banyak diperbincangkan karena cara menggunakannya dengan memasukkan alat ini ke dalam vagina agar darah dapat tertampung. Meskipun menstrual cup bisa dipakai berkali-kali dan lebih ramah lingkungan, tetapi masih banyak orang yang takut bahwa produk ini tidak aman digunakan bagi orang yang belum menikah.
dr. Arthur, SpKK dalam unggahan di media sosialnya mengatakan, bahwa menstrual cup aman-aman saja jika digunakan untuk orang yang belum menikah. Namun, sebaiknya menstrual cup ini digunakan bagi yang sudah menikah saja.
Menstrual cup yang dikuncupkan dan melewati selaput dara tidak menyebabkan selaput dara rusak jika dilakukan dalam keadaan yang rileks, dengan teknik yang benar, dan ukuran menstrual cup yang sesuai.
Amankah Menstrual Cup Untuk yang Belum Menikah? (489478)
Ilustrasi menstrual cup. Foto: Shutterstock
Penggunaan menstrual cup pun harus selalu higienis, jangan sampai terjadi iritasi atau infeksi pada vagina. Proses menggunakannya juga cukup sulit dan sedikit membuat tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
Namun, menggunakan menstrual cup memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat menampung darah sekitar 40 mililiter dan dapat digunakan cukup lama sekitar 6 hingga 12 jam.
Bagi kamu yang belum menikah dan takut untuk mengggunakan menstrual cup, lebih baik gunakan produk yang lebih nyaman dan aman.