Bisnis
·
30 Maret 2021 11:42

Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Gandeng Tokoh Agama Kampanye 'Cinta Rupiah'

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Gandeng Tokoh Agama Kampanye 'Cinta Rupiah' (266326)
Bank Indonesia Kalbar gelar sosialisasi dengan menggandeng tokoh agama. Foto: Dok. BI Kalbar
Hi!Pontianak - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah kepada para pemuka agama di Kalbar. Kegiatan tersebut turut disiarkan secara virtual, Senin, 29 Maret 2021, di Kabupaten Kubu Raya.
ADVERTISEMENT
Tujuan edukasi tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai peran rupiah sebagai identitas dan simbol bangsa serta fungsi rupiah secara luas dalam perekonomian.
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang menegaskan kedudukan Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah dalam perekonomian nasional. Lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI merupakan catatan sejarah penting yang menjadi dasar proses penegakan rupiah di wilayah Indonesia.
Minimnya transaksi dan aktivitas ekonomi yang menggunakan rupiah di Sipadan dan Ligitan menjadi salah satu pertimbangan dunia internasional atas lepasnya kedua pulau tersebut.
Belajar dari pengalaman tersebut, menjadi tugas kita bersama sebagai warga negara Indonesia, secara khusus di Provinsi Kalimantan Barat yang beberapa wilayahnya berbatasan dengan negara asing, untuk menjaga kedaulatan Rupiah di wilayah NKRI. Salah satunya diwujudkan melalui kebanggaan masyarakat dalam menggunakan rupiah.
ADVERTISEMENT
Dalam mensosialisasikan Cinta, Bangga, Paham Rupiah, para pemuka agama memainkan kedudukan dan peranan strategis, sebagai salah satu sumber informasi dan narasumber masyarakat dalam menghadapi atau menyelesaikan permasalahan. Untuk itu, salah satu sasaran dalam kegiatan sosialisasi edukasi rupiah adalah para pemuka agama, yang diharapkan dapat memberikan multiplier effect diseminasi lebih cepat. Tidak hanya kepada santri, tetapi juga masyarakat sekitarnya.
Sebagai rangkaian dari kegiatan sosialisasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar juga menyampaikan bantuan lanjutan peduli COVID-19 kepada pemuka agama di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.
Bantuan diberikan mempertimbangkan wabah COVID-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 telah memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, tidak hanya pada kesehatan tetapi juga ekonomi dan sosial.
ADVERTISEMENT