kumparan
18 Mei 2019 13:08 WIB

Berburu Tiket Mudik Murah

Ilustrasi pesawat. Abil Achmad Akbar/kumparan
Hi!Pontianak - Memasuki pekan ke dua bulan Ramadan, selain rencana buka bersama alias Bukber atau berbelanja pakaian untuk hari raya, ada lagi nih hal yang wajib kamu rencanakan sejak jauh-jauh hari, yakni mudik sambil menikmati musim liburan.
ADVERTISEMENT
Penting banget untuk merencanakan perjalanan mudik dan liburan sejak jauh hari, karena saat ini, selain harga tiket pesawat yang memang sedang tinggi-tingginya, sudah banyak orang berburu untuk membelinya, walau harganya selangit. Akibatnya, saat sampai di kampung halaman, atau di tempat liburan, kita kehabisan modal untuk belanja oleh-oleh dan tak bisa kasi uang untuk keponakan.
Berikut ini tips untuk mendapatkan tiket mudik dengan harga yang lebih murah:
1. Cari tiket di laman terpercaya
Mendekati hari raya, coba cari tiket di laman terpercaya, seperti Tiket.com, Traveloka, atau pegipegi.com. Selain terpercaya, biasanya akan ada diskon khusus selama musim mudik.
2. Berburu tiket promo
Jika harga tiket mudik yang kamu inginkan masih tergolong mahal, mencari tiket promo bisa menjadi solusi. Penjualan tiket mudik memang mengalami peningkatan drastis menjelang Lebaran, karena itu tak sedikit pula pihak-pihak yang memberikan promo menarik. Selain berburu promo, kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan mengikuti kuis berhadiah tiket mudik. Tak ada salahnya untuk mencoba, demi pulang ke kampung halaman.
ADVERTISEMENT
3. Pelajari harga terendah maskapai
Untuk meminimalisir pengeluaran, buat kamu yang ingin mudik dengan menggunakan maskapai penerbangan, perlu riset atau membandingkan harga dari maskapai tertentu, baik saat promo maupun tidak. Pastikan lagi apakah harga yang ditawarkan memang harga terendah atau justru masih bisa murah lagi.
4. Buat rencana perjalanan sedetail mungkin
Buat kamu yang ingin menyempurankan perjalanan mudik agar tidak terjadi hambatan, coba deh buat rencana perjalanan atau daftar kebutuhan sedetail mungkin. Mulai dari budget, jadwal, bahkan hingga barang-barang yang harus dibawa. Dengan membuat daftar perjalanan detail, kamu bisa mengurangi kemungkinan budget perjalanan yang membengkak.
5. Bawa barang secukupnya untuk meminimalisir bagasi
Buat kamu yang membawa kendaraan pribadi untuk mudik mungkin hal ini bukan suatu hal yang bermasalah ya? Tapi berbeda dengan kamu yang memutuskan untuk mudik dengan menggunakan pesawat, kelebihan bagasi bisa membuat pengeluaranmu semakin membengkak, guys. Nah, coba deh mulai lihat lagi barang-barang yang nanti akan kamu bawa, apakah layak diprioritaskan? (hp6)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan