kumparan
24 Apr 2019 7:38 WIB

BMKG Pontianak Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Banjir

Ilustrasi banjir. Foto: Dok Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak meminta masyarakat Kalimantan Barat untuk mewaspadai kondisi cuaca, khususnya terkait peningkatan curah hujan selama 5 hari ke depan.
ADVERTISEMENT
Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Erika Mardiyanti, menjelaskan, kondisi atmosfer saat ini hingga 5 hari ke depan diindikasikan mengalami peningkatan, dengan ditandai dan terdetekasi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.
Adanya pola pusaran angin tertutup di wilayah Kalimantan Barat, juga terut mengindikasikan potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.
Erika mengatakan, dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak mengeluarkan beberapa imbauan pada masyarakat.
Imbauan tersebut antara lain agar warga mewaspadai potensi genangan, banjir, maupun longsor, bagi yang tinggal di wilayah rawan banjir dan longsor.
"Waspadai kemungkinan hujan disertai angin kencang pada siang hingga sore hari, yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. Dan kami imbau juga, agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir," pesan Erika. (hp8)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan