News
·
18 Oktober 2020 20:13

Dansatgas TMMD Sintang Launching Perpustakaan Apung di Batas Negeri

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Dansatgas TMMD Sintang Launching Perpustakaan Apung di Batas Negeri (32)
Launching Perpustakaan Apung di Batas Negeri oleh Dansatgas TMMD Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan. Foto: Dok. Pendim Sintang
Dansatgas TMMD Sintang Launching Perpustakaan Apung di Batas Negeri
Hi!Sintang - Dansatgas TMMD Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan melaunching Perpustakaan Apung di Batas Negeri, Minggu (18/10). Perpustaan Apung tersebut berada di Nanga Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalbar.
ADVERTISEMENT
Launching perpustakaan yang berlangsung di pinggir sungai itu juga dihadiri Camat Ketungau Tengah, Petrianus dan istri serta pejabat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang. Tidak ketinggalan, puluhan anak-anak perbatasan ikut menghadiri peresmian perpustakaan apung, siang itu. Kegiatannya sendiri tetap menetapkan protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker.
Perpustakaan Apung sendiri merupakan kerjasama Satgas TMMD Sintang dengan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang. Perpustakaan itu didesain sedemikian rupa agar menarik anak-anak untuk datang.
Terlihat Dansatgas TMMD Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan begitu ramah pada anak anak yang antusias mengikuti launcing perpustakaan terapung. Bahkan, salah satu anak perbatasan, yakni Robi begitu semangat didampingi Dansatgas membaca buku yang dibawa dari perpustakaan itu.
Dansatgas TMMD Sintang Launching Perpustakaan Apung di Batas Negeri (33)
Dansatgas TMMD Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mendampingi seorang anak yang sedang membaca buku. Foto: Dok. Pendim Sintang
"Semoga kehadiran Perpustakaan Apung ini mendatangkan banyak manfaat bagi pelajar perbatasan. Selain itu diharapkan bisa meningkatkan minat baca anak negeri di perbatasan," harap Eko yang juga Dandim Sintang ini.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, Perpustakaan Apung yang baru diluncurkan memiliki koleksi buku yang cukup banyak. Selain buku-buku yang mendukung kegiatan pembelajaran, banyak juga bahan bacaan yang menarik.
"Untuk anak-anak yang ingin mencari bahan pembelajaran atau sekedar membaca cerita, silakan datang ke Perpustakaan Apung ini. Somoga, hadirnya perpustakaan apung ini semakin meningkatkan literasi masyarakat kita, khususnya di Kecamatan Ketungau Tengah," kata Eko.

Hadirnya Perpustakaan Apung Disambut Positif

Hadirnya Perpustakaan Apung ini direspon positif oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Camat Ketungau Tengah. Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kearsipan, Yuli mengatakan, pihaknya sangat mendukung program TMMD Sintang dengan membuka perpustakaan apung di batas negeri.
Dansatgas TMMD Sintang Launching Perpustakaan Apung di Batas Negeri (34)
Keakraban Dansatgas TMMD Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan bersama anak-anak. Foto: Dok. Pendim Sintang
"Kami sangat mengapresiasi Satgas TMMD Sintang yang menginisiasi hadirnya Perpustakaan Apung untuk meningkatkan minat baca warga perbatasa," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Yuli juga membeberkan, soal teknis pinjam buku perpustakaan dan cara perawatan buku koleksi Perpustakaan Apung di Batas Negeri ini. "Kita harus merawat buku-buku perpustakaan dengan cara menandai, menyampul dan sebagainya," ujarnya.
Yuli berharap, Perpustakaan Apung di Batas Negeri TMMD Sintang berjalan lancar dan dapat dikelola dengan baik. Apalagi, anak-anak saat ini masih belajar daring.
"Kami bisa pinjamkan 300 buku selama 6 bulan. Kami sangat berterimakasih kepada tim Satgas TMMD Sintang yang menginisiasi hal tersebut," pungkasnya.