News
·
5 Maret 2021 10:26

Dinkes Kalbar Ingatkan Bahaya Reinfeksi pada Penyintas COVID-19

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Dinkes Kalbar Ingatkan Bahaya Reinfeksi pada Penyintas COVID-19 (32398)
Ilustrasi corona. Foto: Maulana Saputra/kumparan
Hi!Pontianak - Pandemi COVID-19 hingga saat ini belum berakhir. Masyarakat yang telah terpapar corona, jika tak menaati protokol kesehatan ternyata juga dapat terpapar kembali atau reinfeksi.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengungkapkan, di Kalbar sendiri ada beberapa kasus teinfeksi atau masyarakat yang pernah positif corona, terpapar kembali.
"Di Kalbar ini sebenarnya ada beberapa kasus yang dulu pernah terinfeksi terus sekarang dia terinfeksi lagi. Jadi ada beberapa kasus yang begitu terinfeksi, dia tidak menunjukkan gejala yang berarti. Tapi, ada juga gejala sedang, lebih berat, bahkan kematian," kata Harisson, Jumat, 5 Maret 2021.
Reinfeksi terhadap orang yang sebelumnya pernah terpapar corona bisa jadi tidak menimbulkan gejala dan bisa saja menimbulkan gejala. Bahkan, lebih parah lagi. Hal itu tergantung dari imunitas tubuh atau kekebelan tubuh seseorang.
"Di Kalbar kita ada 1 orang yang pernah terinfeksi, lalu sembuh dan selanjutnya terinfeksi kembali, dan meninggal dunia," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Sehingga Harisson terus mengingatkan kepada masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan.